Matangkan Penyelenggaraan Pelatihan, Pusdiklat Tenaga Administrasi Gelar Sarasehan PKN

8 Jul 2024
Matangkan Penyelenggaraan Pelatihan, Pusdiklat Tenaga Administrasi Gelar Sarasehan PKN
Sarasehan PKN yang disenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi di Jakarta, Senin (8/7/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVII  yang bakal diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi tinggal menghitung hari. Sebagaimana sebelumnya, penyelenggaraan PKN didahului kegiatan sarasehan. “Kegiatan ini merupakan awal penyelenggaraan PKN dalam hal pemetaan jadwal dan pengajar/pengampu materi, penentuan lokus, dan fokus,” kata Ketua Tim Kerja Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan dan Struktural Sri Mulyati di Jakarta, Senin (8/7/2024). 

 

"Selain itu, juga salah satu tujuan sarasehan yaitu mematangkan pelaksanaan pelatihan untuk membangun kompetensi kepemimpinan strategis yang mampu menggerakkan perubahan, membangun sinergi antar unit organisasi, dan mengelola keragaman di lingkungan kerja agar berjalan lancar dan sukses," terangnya.

 

“Hal-hal yang masih banyak kekurangan dalam kualitas penyelenggaraan PKN tahun lalu, di angkatan ini harus diperbaiki,” imbuhnya. 

 

Pada kesempatan ini, Sri Mulyati juga mengatakan tahun 2024 penyelenggaraan PKN hanya satu angkatan dan dilaksanakan secara mandiri oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. 

 

“Untuk itu, sinergi semua pihak menjadi perhatian penting, terutama evaluasi yang berkelanjutan terhadap aksi perubahan yang telah disusun dan dibuat serta diimplementasikan para peserta,” tegasnya. 

 

PKN yang direncanakan dari 15 Juli-9 November 2024  menggunakan metode blended learning, menggabungkan pembelajaran tatap muka dan daring.  Peserta sudah didata sebanyak 60 orang dari berbagai instansi pusat dan daerah di Indonesia ikut berpartisipasi, termasuk 49 pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator dari Kementerian Agama serta 11 peserta dari kementerian/lembaga lainnya sesuai dengan ketentuan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

 

Tema yang akan diusung PKN tahun ini adalah Digitalisasi Layanan Umat yang Premium dan Terjangkau.

 

“Melalui pelaksanaan sarasehan, Pusdiklat Tenaga Administrasi menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas serta siap menghadapi dinamika perubahan di lingkungan pemerintahan,” pungkasnya.

 

Kegiatan Sarasehan PKN yang dilaksanakan dari 8-9 Juli 2024 di Hotel Grandwhiz Poins Simatupang Jakarta ini diikuti  25 orang peserta dari Pusdiklat Tenaga Administrasi dan Pusdatin Kemendikbudristek. (Halimah Dwi Putri/sri/RS)

   

 

Penulis: Halimah Dwi Putri
Sumber: Rahmi
Editor: Sri Hendriani dan Rahmi Siregar
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI