Perpustakaan Kemenag Kunjungi Perpus Universitas Telkom Bandung

17 Mar 2022
Perpustakaan Kemenag Kunjungi Perpus Universitas Telkom Bandung
Tim Perpus Kemenag berkunjung ke Telkom University Bandung

Bandung (Balitbang Diklat)---Perpustakaan Balitbang Diklat Kemenag RI kembali melakukan bensmarking (lawatan keilmuan) ke perpustakaan kampus yang dinilai memiliki sejumlah keunggulan. Untuk kali ini, Perpus Balitbang Diklat berkunjung ke perpustakaan Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Tim kecil dari Perpus Balitbang Diklat terdiri dari Luki Budiawan, Nur Rochmah, dan Musthofa Asrori. Kunjungan yang dilakukan di Gedung Manterawu Lt 5 Jl Telekomunikasi Ters Buah Batu Bandung ini diterima lima pegawai terdiri dari kepala bagian perpustakaan, pustakawan, dan sejumlah pengelola perpus di kampus tersebut, Kamis (17/3/2022).

Menurut Ajeng, salah seorang pegawai perpustakaan kampus tersebut, bensmarking tim perpustakaan Kemenag ke Universitas Telkom Bandung tidak hanya sekali. Sebelumnya, sudah dilakukan oleh perwakilan lain yakni Hariyah dan Eka Wahyuning.

Bagi dia, pengelolaan desain interior perpustakaan yang sangat baik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung perpust. Untuk kemajuan dan nilai tawar sebuah perpus, dibutuhkan insan yang kompetitif.

“Kami memiliki 3 pokok yang kami pegangi, salah satunya yaitu open library. Hingga hari ini kami mendapat kunjungan 30 ribu orang di perpus online-nya,” kata Ajeng.

Kepala Bagian Sumber Daya Keilmuan (SDK) dan Perpustakaan Telekom University, Rika Yuliant, dalam paparannya mengatakan bahwa ada sejumlah kerja sama yang dilakukan oleh perpus yang ia pimpin.

“Hingga hari ini, perpustakaan kami memiliki 113.990 judul buku, 169.962 eks buku yang di-pdf-kan, pengunjung 21000 orang per hari, dan 1238 sirkulasi yang mengunduh per hari,” ungkapnya.

Rika menambahkan bahwa perpustakaan digital (digital library) dapat dikunjungi di openlibrary.telkomuniversity.ac.id.

Salah seorang pustakawan senior, Irma Sari, menambahkan bahwa ada penambahan gedung untuk perpustakaan yang baru. Sehingga sekarang perpus yang mereka kelolal memiliki luas ruangan 3200 meter persegi.

Setelah bincang-bincang, dilanjutkan visit ke sejumlah titik perpus. Mulai ruang baca, ruang koleksi, hingga ruang mini bar yang biasa digunakan untuk live streaming atau galawicara.

Di akhir kunjungan, delegasi perpus Balitbang Kemenag bertukar cindera mata dengan pihak perpus yang beralamat di kompleks Telkom University, Jl Telekomunikasi No. 1, Terusan Buahbatu, Bojongsoang, Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.[]

Ova/diad

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI