Puslitbang LKKMO Gencar Pembinaan PBPA ke Penerbit

22 Jun 2024
Puslitbang LKKMO Gencar Pembinaan PBPA ke Penerbit
Tim PBPA yang dipimpin supervisor Bahari dan verifikator Bayu mengunjungi Penerbit CV Andi Offset di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 19-21 Juni 2024.

Yogyakarta (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melaksanakan pembinaan dan sosialisasi Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) kepada penerbit. Kegiatan tersebut merupakan tahap lanjut dari moderasi penilaian buku.

 

Tim PBPA yang dipimpin supervisor Bahari dan verifikator Bayu mengunjungi Penerbit CV Andi Offset di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 19-21 Juni 2024. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa buku-buku yang dinilai telah sesuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku.

 

Bahari menjelaskan tentang timeline yang harus dipatuhi pernebit. Timeline tersebut sangat bermanfaat dan dapat menjadi tanda bagi penerbit untuk segera melakukan revisi setelah menerima hasil review.

 

“Setelah memperbaiki kekurangan dan kelemahan buku, penerbit diharapkan mengirimkan kembali file buku tersebut sesuai batas waktu agar dapat mengonfirmasi kembali,” ujarnya di Yogyakarta, Kamis (20/6/2024).

 

Lebih lanjut, Bahari menjelaskan bahwa penerbit hanya diperbolehkan memperbaiki buku dengan temuan minor. Buku dengan temuan mayor atau tidak layak dapat diajukan kembali pada tahun berikutnya.

 

Pada kesempatan itu, dia juga memberikan contoh temuan dan perbaikan yang harus dilakukan.Seperti mengoreksi temuan-temuan kecil dan memastikan buku mendapat nilai layak diterbitkan.

 

Agus, perwakilan dari CV Andi Offset mengapresiasi Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama atas inisiatifnya dalam kegiatan tersebut. Mereka mengungkapkan, bantuan ini sangat membantu penerbit memahami dan melaksanakan perbaikan sesuai standar yang ditetapkan

 

Kegiatan ini juga merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas penerbitan buku pendidikan agama di Indonesia dan memastikan buku-buku tersebut memenuhi standar yang diharapkan.

 

(Bayu/diad)

Penulis: Bayu
Sumber: Puslitbang LKKMO
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI