Rapat Koordinasi Akselerasi Penyerapan

31 Okt 2018
Rapat Koordinasi Akselerasi Penyerapan

Jakarta (31 Oktober 2018). Dalam rangka percepatan program dan anggaran tahun 2018 yang telah masuk di penghujung tahun, Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) mengadakan rapat koordinasi dengan tim keuangan Sekretariat Badan Litbang dan Diklat. Hadir dalam rapat Sekretaris Balitbangdiklat Prof. Ishom Yusqi, Kapuslitbang LKKMO Dr. Muhammad Zain, para kepala Bidang Puslitbang LKKMO, bendahara pembantu, Kepala Bagian Perencanaan, Kepala Bagian Keuangan, dan beberapa Kepala Subbagian pada Sekretariat.

Pada sambutan awal, Muhammad Zain menjelaskan bahwa serapan berdasarkan sistem keuangan, LKKMO telah mencapai 60,7 %, tentu ini masih kurang dari harapan awal. Namun demikian, menurutnya pada bulan November ini telah dijadwal berbagai kegiatan besar seperti dialog budaya, penilaian buku, seminar hasilbenchmarking, launching produk-produk LKKMO, dan penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah. Selain itu, juga kegiatan akhir pada program penelitian telah dijadwalkan kegiatan seminar-seminar hasil penelitian. Menurutnya program yang dijadwalkan ini akan dapat mempercepat dan meningkatkan serapan.

Selain perencanaan program di bulan akhir tahun ini, dikatakan bahwa meskipun banyak keterbatasan baik SDM maupun perangkat kerja yang ada, namun LKKMO juga memiliki kekuatan khususnya dalam mengisi ruang Web Balitbangdiklat maupun Web Kementerian dengan berita-berita yang aktual dan berkualitas.  Sungguhpun demikian, kita akan terus bekerja keras untuk mencapai target yang ditetapkan. Day to day kita pantau terus, setiap hari tidak ada dokumen tersisa di meja, semua dipercepat untuk ditindaklanjuti, bahkan perjalanan para pejabat sudah dibatasi dalam rangka itu semua.

Merespon diskusi dan berbagai persoalan yang dihadapi di Puslitbang LKKMO, Sekrataris Balitbangdiklat menyatakan bahwa tim pada semua bidang perlu  bekerja keras menyusun jadwal yang ketat, dana-dana yang belum dibayarkan agar segera dilengkapi bukti bayarnya untuk segera diproses, dan yang paling penting adalah melakukan perbaikan penyusunan RKAKL untuk tahun depan, dibuat lebih praktis, simpel dan tidak terlalu panjang prosesnya.

Di akhir diskusi, Ishom menyampaikan bahwa setiap kendala yang dihadapi apapun bentuknya segera dikoordinasikan dan sekretariat akan merespon secepat mungkin termasuk bila ada mutasi pegawai ke dalam akan disetujui selama yang bersangktan memiliki track record yang baik khususnya dalam memperkuat kinerja LKKMO. (IA/bas/ar)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI