Respons Cepat Balitbang Diklat Pasca Rakernas 2024

15 Feb 2024
Respons Cepat Balitbang Diklat Pasca Rakernas 2024
Kepala Balitbang Diklat Suyitno didampingi Sekretaris Badan Arskal Salim saat pembukaan kegiatan Rapat Koordinasi Kelitbangan di Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Balitbang Diklat Kementerian Agama RI merumuskan langkah-langkah staregis dan cepat dalam merespons arahan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Menurut Kepala Balitbang Diklat Suyitno hal ini juga sebagai salah satu tindak lanjut hasil Rakernas Kemenag 2024 di Semarang beberapa waktu lalu.

 

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kelitbangan yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis 15 Februari 2024, Suyinto mengatakan salah satu fokus utama pertemuan tersebut adalah percepatan anggaran pada bulan Juli guna memenuhi target 80%.

 

"Kami akan merumuskan secara simulatif agar target tersebut bisa tercapai, dengan membuat timeline yang rigid dan terukur khusus beberapa satuan kerja di pusat, serta memitigasi kendala yang mungkin timbul," ungkap Suyitno.

 

Belanja modal juga menjadi sorotan penting, mengingat anggarannya yang besar dan dampak serapannya yang signifikan. Selain itu, strategi mapping serapan cepat dan berdampak akan dilakukan untuk memastikan efektivitas penggunaan anggaran.

 

Suyitno juga menyoroti perlunya penanganan serius terhadap persoalan kelitbangan, dengan fokus pada Indikator Kinerja Utama (IKU) serta melakukan revisi terhadap instrumen yang ada. Evaluasi terhadap pihak yang tidak kompeten juga akan dilakukan guna memastikan kualitas penelitian yang dihasilkan.

 

Di samping itu, dalam rangka mendukung kebijakan Menteri Agama, Suyitno juga menginstruksikan seluruh Balai Litbang Agama (BLA) untuk menginventarisasi tema-tema, urgensi, dan menghindari repetisi dalam indeksasi maupun survey, “Temuan dari survei dan indeksasi harus memiliki reasoning yang kuat, jangan sampai masuk ke dalam lubang yang sama, kecuali jika berhubungan dengan IKU," tambah Suyitno.

 

Arahan dari Menteri Agama juga menekankan pentingnya keselarasan antara kebijakan dan pelaksanaannya dengan kebutuhan pengguna. Hal ini akan memastikan bahwa bank policy brief yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Menteri, eselon I, dan di bawahnya.

 

Dengan respons yang cepat dan langkah-langkah strategis yang diambil, Balitbang Diklat Kementerian Agama RI siap mendukung terwujudnya visi dan misi Kementerian Agama RI dalam mencapai target-target strategisnya untuk tahun 2024.

 

Barjah/diad/Sr

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI