Sesban: Perpustakaan, Center of Excellence

26 Apr 2018
Sesban: Perpustakaan, Center of Excellence

Bekasi (25 April 2018). Sekretaris Badan Litbang dan Diklat (Sesban) Rohmat Mulyana menyatakan bahwa perpustakaan adalah bagian penting dari suatu lembaga karena merupakan jantung ilmu alias center of exellence. Menurutnya, perpustakaan tetap memiliki peran sentral walaupun saat ini perkembangan IT maju pesat.

Bahkan, lanjut Rohmat, buku lebih valid  sebagai referensi daripada internet karena memiliki dasar pemikiran yang logis. Hal ini disampaikan Rohmat Mulyana saat membuka WorkshopPerpustakaan di Bekasi.

Workshop ini mengusung tema “Membangun Layanan Publik melalui Perpustakaan”. Sasaran yang hendak dituju yaitu peningkatkan SDM pengelola perpustakaan, khususnya pelayanan prima perpustakaan sebagai bagian dari pelayanan publik kepada pemustaka.

Pada kesempatan ini pula, Rohmat menghimbau agar buku-buku dan laporan hasil penelitian yang berserakan harus terdokumentasikan di perpustakaan.

“Sebagai lembaga Litbang dan Diklat, telah banyak buku, karya tulis, dan hasil penelitian yang dihasilkan. Tentu saja hal ini perlu disimpan dan didokumentasikan dengan baik. Agar lebih mudah dalam pencarian, sebaiknya produk tersebut didigitalisasi di perpustakaan,” ujar Sesban Rohmat Mulyana, Rabu (25/4).

Menurut Rohmat, perpustakaan dengan sistem manual harus dimordenisasi agar dapat mengikuti perkembangan zaman guna memenuhi fungsinya sebagai sumber informasi, sarana pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan rekreasi.

“Untuk menarik minat orang datang ke perpustakaan, semua fungsi perpustakaan harus terpenuhi. Khusus zaman sekarang, fungsi rekreasi memegang peranan cukup penting. Kalau tempatnya nyaman dan tertata dengan baik, tentu akan mengundang pengunjung untuk datang,” kata Sesban.

Dalam kesempatan yang sama pula, Rohmat mendorong bagi siapa pun yang akan mengajukan inpassing Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Arsiparis dan Pustakawan, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat  siap membantu prosesnya. Diketahui saat ini Badan Litbang dan Diklat hanya memiliki 5 Pustakawan di seluruh UPT.

Tampak hadir pada pembukaan Workshop Perpustakaan di Lingkungan Badan Litbang dan Diklat (Balitbang Diklat) peserta dari UPT se-Indonesia. Workshop dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 25-26 April 2018 di Bekasi dengan narasumber dari Perpusnas dan Biro Humas, Data, dan Informasi. []

Dewindah

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI