16.305 Peserta Lulus Pelatihan Melalui MOOC Pintar

10 Agt 2023
16.305 Peserta Lulus Pelatihan Melalui MOOC Pintar
Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Agama dan Keagamaan Mastuki.

Ciputat (Balitbang Diklat) --- Sebanyak 16.305 peserta dinyatakan lulus pada pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan pada periode 27 Juli - 7 Agustus 2023 melalui MOOC Pintar. Jumlah tersebut terdiri atas 8.743 peserta lulus Pelatihan Multimedia Pembelajaran batch 1, 2.866 peserta lulus Pelatihan Tindakan Kelas batch 2, dan 4.696 peserta lulus Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka batch 3.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Mastuki mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian tersebut. Menurutnya, hal itu adalah langkah maju Kementerian Agama melalui Pusdiklat Teknis dalam memberikan layanan pelatihan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, jumlah peserta yang lulus pelatihan melalui MOOC Pintar pada periode ini sangat bagus, sekitar 66 persen,” tuturnya di Ciputat, Senin (8/8/2023).

Menurutnya, angka kelulusan tersebut harus terus ditingkatkan karena itu berarti memberi dampak kepada masyarakat. “Angka kelulusan ini termasuk tinggi. Kami meminta kepada teman-teman pengelola untuk ditingkatkan, karena dengan angka kelulusan yang tinggi, tingkat pemahaman peserta berarti juga semakin tinggi,” ungkapnya.

Mastuki meminta agar layanan pelatihan untuk masyarakat ke depan semakin dipermudah. Sebab, jumlah yang harus dilayani dalam peningkatan kompetensi sangat banyak.

"Jumlahnya sangat banyak, terutama tenaga pendidik, total hampir 1,8 juta. Jadi semakin hari harus semakin dipermudah agar peningkatan kompetensinya juga semakin cepat,” pintanya.

Mastuki juga meminta kepada jajarannya untuk memperbanyak jenis pelatihan melalui MOOC Pintar ini. “Pengetahuan sekarang sudah sangat mudah didapat, akses bisa dilakukan di mana-mana. Jadi kita harus terus berpacu dan bergerak maju," tambahnya.

"Saya senang peserta pelatihan antusias mengikuti pelatihan Pelatihan Multimedia Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, dan Implementasi Kurikulum Merdeka melalui MOOC Pintar ini. Karena dengan sekali pelatihan, puluhan ribu peserta terlibat, dan ini berarti Platform ini telah diterima masyarakat dengan baik," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 24.586 orang mendaftar di tiga pelatihan, yaitu pelatihan  Multimedia Pembelajaran, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas, dan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, berlangsung dari 27 Juli hingga 7 Agustus 2023.

 

Apresiasi Peserta MOOC Pintar

Mugh Gofir, seorang guru MIN 4 Cilacap, yang merupakan peserta pelatihan di Pintar mengungkapkan apresiasinya. "Kami sangat mendukung pelatihan dari MOOC Pintar ini karena sangat bermanfaat bagi kami. Biasanya peserta pelatihan-pelatihan yang diadakan di Balai Diklat sangat terbatas. Saya sendiri belum mendapat kesempatan mengikuti pelatihan di sana,” ungkapnya secara daring.

“Alhamdulillah, dengan adanya pelatihan Pintar, saya dapat ikut berpartisipasi dalam pelatihan ini demi meningkatkan kompetensi dan meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Ismiati peserta pelatihan Multimedia Pembelajaran bersyukur telah berhasil mengikuti diklat online itu. Baginya pelatihan sangat menantang.

"Luar biasa, pelatihan ini sungguh menantang. Jika kinemaster, capcut, dan canva sudah pernah saya gunakan, tetapi materi berikutnya sungguh terasa sulit hingga video pelatihan saya putar berulang-ulang sambil mempraktikkannya di laptop.

“Pelatihan ini sangat menambah wawasan saya. Terima kasih Pusdiklat Kemenag,” tandasnya.

(kusuma/diad)

Penulis: Kusuma
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI