24.586 Peserta Ikuti Pelatihan Melalui MOOC Pintar

27 Jul 2023
24.586 Peserta Ikuti Pelatihan Melalui MOOC Pintar
Kapusdiklat Teknis Mastuki pada menyampaikan apresiasi penyelenggaraan MOOC di Ciputat, Kamis (27/7/2023).

Ciputat (Balitbang Diklat)--Sebanyak 24.586 peserta mendaftar secara mandiri untuk mengikuti pelatihan melalui MOOC (Massive Open Online Course) Pintar yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Kepala Pusdiklat Teknis, Mastuki, menyampaikan pelatihan secara online mandiri bersertifikat ini dilaksanakan kembali karena tingginya animo masyarakat untuk mengembangkan pengetahuan.

“Kita buka seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin belajar. Bukan hanya guru madrasah, tetapi juga terbuka bagi guru agama di sekolah umum, dosen, pengawas sekolah, pengawas madrasah, orang tua siswa, praktisi pendidikan, dan siapa saja yang berminat," ujar Kapusdiklat Mastuki, Kamis (27/7/2023).

Mastuki mengapresiasi partisipasi peserta dalam mengikuti pelatihan di MOOC Pintar. Pihaknya akan terus memperbaiki layanan pelatihan yang dapat diakses masyarakat secara mudah dan cepat.

Lebih jauh Mastuki mengatakan, pelatihan melalui MOOC Pintar ini sangat efektif karena bisa melibatkan peserta secara lebih massif dan lintas daerah. Pelaksanaan pelatihan dengan metode asynchronous ini memudahkan siapa saja untuk bisa mengikuti pelatihan.

"Selain gratis, pelatihan melalui MOOC peserta bisa belajar kapan saja dan dari mana saja, fleksibel, yang penting tidak melewati tanggal yang ditentukan penyelenggara. Jadi tidak akan mengganggu tugas utama peserta," paparnya.

Pada periode ini, MOOC Pintar membuka 3 pelatihan sekaligus, yaitu Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, Pelatihan Multimedia Pembelajaran, dan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Pelatihan ini diselenggarakan mulai dari 27 Juli sampai dengan 7 Agustus 2023.

Kusuma/diad

Penulis: Kusuma
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI