BDK Padang Pada Semester II Akan Selenggarakan Diklat Sebanyak 19 Angkatan

9 Sep 2014
BDK Padang Pada Semester II Akan Selenggarakan Diklat Sebanyak 19 Angkatan

Jakarta (9 September 2014). Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang pada semester II tahun 2014 berencana untuk menyelenggarakan diklat sebanyak 19 angkatan. Anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut sebesar Rp. 3.695.574.000,-.

 

Diklat yang akan diselenggarakan pada semester II terdiri dari Diklat Teknis Fungsional sebanyak 7 angkatan; Diklat Teknis Substantif Pendidikan Dalam Kampus, 1 angkatan; dan Diklat Teknis Substantif Pendidikan Luar Kampus sebanyak 11 angkatan.

Sesuai dengan Keputusan Meteri Agama (KMA) Nomor 354 Tahun 2004, BDK Padang bertugas untuk menyelenggarakan diklat bagi aparatur Kementerian Agama pada Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, dan Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau.

Pada tahun 2014, BDK Padang mendapatkan anggaran untuk pelaksanaan diklat sebesar Rp. 5.160.267.000,-. Anggaran tersebut dialokasikan untuk penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebesar 1,9 miliar rupiah, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebesar 412 juta rupiah, dan penyelenggaraan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan sebesar 2,8 miliar rupiah.

Pada tahun ini, BDK Padang merencanakan untuk selenggarakan Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 14 angkatan, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan 4 angkatan, dan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan sebanyak 28 angkatan. Total diklat yang direncanakan pada tahun 2014 sebanyak 48 angkatan.

Diklatpim IV yang semula direncanakan sebanyak 1 angkatan, tidak dapat terealisasi pada tahun ini. Hal ini selain karena adanya Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014 tentang Langkah-Langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, juga dikarenakan adanya Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (Perkalan) yang berdampak pada perubahan pola pelaksanaan Diklatpim IV.

Semester I tahun 2014, BDK Padang telah menyelenggarakan 26 angkatan diklat. Kegiatan diklat yang telah diselenggarakan adalah Rumpun Diklat Tenaga Administrasi sebanyak 13 angkatan, Rumpun Diklat Tenaga Teknis Pendidikan, 10 angkatan, dan Rumpun Diklat Tenaga Teknis Keagamaan sebanyak 3 angkatan. Jumlah pegawai Kementerian Agama yang telah mengikuti diklat di BDK Padang pada periode ini sebanyak 792 orang.

 

(AGS/Chee/Viks)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI