Berikan Kunci Sukses, Kaban: Rumusnya dari Agama Kita yang Menjadi Real of Life

17 Mar 2023
Berikan Kunci Sukses, Kaban: Rumusnya dari Agama Kita yang Menjadi Real of Life
Kaban Suyitno memberikan sambutan bagi wisudawan Institut Agama Islam Al-Quran Al-Ittifaqiah di Indralaya, Ogin Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (16/03/2023).

Indralaya (Balitbang Diklat)---Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Suyitno, memberikan wejangan dalam kata sambutannya bagi wisudawan Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah untuk mencapai kesuksesan, di Indralaya, Ogin Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (16/03/2023). 

”Setidaknya, ada tiga kunci sukses untuk bisa mengarungi kehidupan ini dan ini rumusnya dari agama kita yang selama ini menjadi real of life kita,” ungkapnya.

Pertama, pastikan iman yang kita imani itu benar. Maksud dari iman yang benar adalah pastikan terintegrasi dengan yang kita yakini, ucapkan, dan amalkan. “Sekarang ini banyak orang yang secara amaliah berbeda dengan yang diucapkan dan secara ucapan berbeda dengan yang diamalkan. Banyak orang pintar di luar sana, tetapi tidak dapat meneguhkan integrasi imannya,” ucap Kaban.

Kedua, jika kita ingin diangkat Tuhan derajatnya, maka haruslah berilmu. Jika ilmu yang dimiliki sudah terinternalisasi, maka Allah akan mengangkatnya dengan beberapa derajat. 

Ketiga, perbanyak doakan orang lain. Doa yang paling cepat dikabulkan adalah doa untuk orang lain dengan ikhlas. Kaban juga mengajak para wisudawan untuk mendoakan sesama agar diijabah Allah dan didoakan malaikat.

“Doa yang paling cepat dikabulkan itu adalah doa untuk orang lain dengan ikhlas. Kita yang mendoakan orang lain insya Allah didoakan oleh malaikat. Insya Allah, doa malaikat lebih kabul ketimbang doa kita. Karena itu, saya mengajak Anda semua untuk membiasakan mendoakan orang lain dan insya Allah kita didoakan oleh para malaikat,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Kaban juga mengajak para wisudawan untuk mensyukuri kelulusannya dari Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah yang telah dinyatakan berhasil menyelesaikan studi secara formal.

“Yang patut amat kita syukuri pada kesempatan kali ini adalah karena Anda dinyatakan selesai studi secara formal,” ungkap Kaban.

Menurut Kaban, di Indonesia sendiri tidak semua kalangan mendapat akses pendidikan sampai ke perguruan tinggi dan yang kuliah pun belum tentu dapat menyelesaikannya. Maka, patut dibanggakan jika berhasil menyelesaikan studinya. Kaban juga mendoakan para wisudawan agar ilmunya berguna bagi agama, nusa, bangsa, dan keluarga.

”Semoga Anda semua maslahat bagi agama, nusa, bangsa, dan keluarga,” kata Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini.

Kaban juga mendoakan para wisudawan mendapat pekerjaan yang barokah. “Apa pun profesi kita semua semoga ilmu kita barokah,” ungkapnya.

Terakhir, Kaban melaporkan bahwa sudah ada sembilan institut yang berubah menjadi universitas di tahun 2023 ini. Ia berharap Institut Agama Islam Al-Qur'an Al-Ittifaqiah cepat menyusul karena banyak manfaat yang didapatkan ketika menjadi universitas.

”Saya doakan dan beri motivasi sesegera mungkin agar dimaksimalkan dari institut menuju universitas. Syukur-syukur bisa dilakukan di tahun 2023. Ini menjadi penting karena ketika menjadi universitas, kampus ini akan menjadi luas pengembangan program studinya, tentu akan berdampak kepada pengembangan SDM-nya, pengembangan pengabdian kepada masyarakatnya, dan insya Allah akan bermanfaat lebih luas dari kemaslahatan dari kampus kepada masyarakat, khususnya Ogan Ilir, Sumatera Selatan, bahkan Indonesia,” pungkas Kaban. (Bunga/sri/bas)

 

 

 

   

 

Penulis: Bunga
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI