Bersiap! Balitbang Diklat Gandeng Ethiophia Jalin Kerja Sama untuk Kuatkan Diplomasi

30 Agt 2024
Bersiap! Balitbang Diklat Gandeng Ethiophia Jalin Kerja Sama untuk Kuatkan Diplomasi
Delegasi dari Ethiopia Adventist College (EAC) yang dipimpin Presiden EAC, Abraham Dalu, mengunjungi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia, Kamis (29/8/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Dalam upaya mempererat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Ethiopia, delegasi dari Ethiopia Adventist College (EAC) yang dipimpin Presiden EAC, Abraham Dalu, mengunjungi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. Kunjungan ini menjadi momen penting untuk memperluas hubungan dalam bidang pendidikan dan diplomasi antara kedua negara.

 

“Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat yang telah kami terima. Pertemuan ini sangat berkesan, dan saya yakin akan mempererat hubungan antara Ethiopia dan Indonesia," kata Abraham Dalu dalam pertemuan dan kunjungan balasan di Jakarta, Kamis (29/8/2024).

 

Abraham Dalu juga menyoroti berbagai aspek penting dari kunjungan ini, termasuk hubungan ekonomi, pertukaran pendidikan, hubungan diplomatik, dan kerjasama politik.

 

“Hubungan antara Ethiopia dan Indonesia telah lama didasari oleh saling menghormati dan kerja sama yang kuat sejak awal terbentuknya pada 1961. Kedua negara telah bekerja sama di berbagai forum internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB),” jelasnya.

 

Selain itu, Abraham Dalu juga menekankan pentingnya Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani antara EAC dan lima universitas di Indonesia, termasuk UIN Bandung, Universitas Hindu Negeri Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, STABN Raden Wijaya Wonogiri, dan Institut Agama Kristen Negeri Manado.

 

“MoU memiliki arti sangat penting, terutama dalam mendorong kolaborasi pendidikan, seperti pertukaran mahasiswa dan staf, kemajuan akademik bersama, serta penelitian dan pengembangan kolaboratif,” tambahnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Suyitno menyampaikan apresiasinya atas kunjungan delegasi Ethiopia tersebut.

 

“Kami sangat menghargai kunjungan ini. Meskipun tidak ada agenda khusus, kami dengan senang hati menyambut kerja sama ini, terutama dalam bidang pendidikan dan pelatihan, yang merupakan tugas utama Kementerian Agama,” ujar Suyitno.

 

Ia juga mengenang kunjungan sebelumnya ke Ethiopia yang memberikan kesan mendalam, terutama pengalaman di Taman Pisang yang menjadi salah satu kenangan istimewa bagi delegasi Indonesia.

 

Kunjungan ini diharapkan dapat semakin memperkuat hubungan bilateral antara Ethiopia dan Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan dan diplomasi, serta membuka peluang baru untuk kerja sama di masa akan datang. (Zakiatu Husnil Fuadah Harahap)

   

 

Penulis: Zakiatu Husnil Fuadah Harahap
Sumber: Ilda
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI