Bulan Muharram, Petik Keberkahan dengan Berbagi Santunan

1 Agt 2023
Bulan Muharram, Petik Keberkahan dengan Berbagi Santunan

Jakarta (Balitbang Diklat)---Dharma Wanita Persatuan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menggelar tradisi Santunan Muharram di Jakarta, Senin (31/7/2023). Kegiatan ini diisi tausiah oleh Ustaz Dr. H. Zainal Arifin Madzkur, M.A.

Dalam tausiahnya, Zainal Arifin Madzkur mengatakan dalam melakukan kebaikan di bulan Muharram --bulan pertama di tahun Hijriyah-- sama halnya ketika seseorang memulai lembaran tahun tersebut dengan amal kebaikan.

 “Apa yang kita lakukan di hari-hari kita di dunia akan menjadi tolok ukuran apa yang akan kita dapatkan di akhirat. Maka, melakukan santunan seperti hari ini yang merupakan tradisi setiap bulan Muharram adalah sebuah tradisi yang baik,” ungkapnya.

“Tidak lah kedua kaki seorang hamba beranjak dari tempat hisabnya pada hari akhir sampai nantinya dipertanyakan empat hal. Pertama, selama umurnya dihabiskan untuk apa. Kedua, mengenai jasadnya, untuk apa dia gunakan semasa hidupnya. Ketiga, bagaimana dia mengamalkan ilmunya. Keempat, bagaimana dia memperoleh hartanya serta bagaimana dia membelanjakannya,” ujar Ustaz Zainal Arifin Madzkur. (Daffa/bas/Barjah)

Penulis: Muhammad Daffa Nugroho
Editor: Abas/Barjah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI