Hibah Tanah Jadi Tonggak Pembangunan Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung

14 Agt 2023
Hibah Tanah Jadi Tonggak Pembangunan Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung
Serah Terima Sertifikat Hibah Tanah dari Kantor Kemenag Kab. Lampung Selatan ke Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung, Sabtu (12/8/2023).

Bandar Lampung (Balitbang Diklat)---Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung (LDK) membutuhkan tempat yang layak untuk menyelenggarakan pelatihan. Ada sekitar 300.000 sasaran diklat yang harus dilatih.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Suyitno menyampaikan hal tersebut saat Serah Terima Sertifikat Hibah Tanah dari Kantor Kemenag Kab. Lampung Selatan ke Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung. Kegiatan tersebut menjadi tonggak awal dibangunnya gedung Loka di sana.

"Tidak masuk akal rasanya jika kantor pemerintah tidak memiliki kantor sendiri. Oleh karena itu, kita harus membangun kemitraan dengan tiga variabel yaitu Kementerian Agama (Kanwil dan Kankemenag), pemerintah provinsi atau kota/kabupaten, dan pihak swasta," ujar Kaban Suyitno di Bandar Lampung, Sabtu (12/8/2023).

Kaban juga mengimbau agar hibah tersebut segera dilaporkan kepada Menteri Agama agar direstui untuk segera dibangun. “Kita berupaya agar cepat terlaksana sehingga bisa berdampak luas pada masyarakat,” ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut,  Kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung Puji Raharjo mengungkapkan bahwa sejak kehadiran LDK Bandar Lampung di provinsi tersebut, Kanwil memiliki mitra dalam urusan kompetensi ASN Kemenag.

“Kehadiran Loka Diklat Keagamaan di Provinsi Lampung bagaikan kereta yang memudahkan percepatan dalam peningkatkan kualitas ASN Kemenag. Sebab itu, kami merasa sangat beruntung,” ucapnya.

Menurut Puji, meski belum memiliki gedung, LDK Bandar Lampung dalam satu tahun telah bergerak cepat dan banyak membantu memberikan pelatihan kepada ASN Kemenag Lampung. Apalagi nanti jika sudah ada gedung sendiri, pasti akan lebih mandiri dan lebih kuat.

“Kami berharap agar Indeks Prestasi ASN Kemenag menjadi lebih meningkat,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Loka Diklat Keagamaan Bandar Lampung Agus Apriasnyah menyampaikan kebahagiannya bahwa loka diterima dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

"Malam ini menjadi sejarah bagi LDK Bandar Lampung, karena telah resmi menerima surat tanah untuk pembangunan gedung.Besar harapan kami agar bisa segera dibangun untuk menopang kerja loka yang lebih baik," tandasnya.

Acara diisi dengan penandatanganan berita acara serah terima sertifikat hibah tanah dari Kepala Kemenag Kab. Lampung Selatan kepada Kepala LDK Bandar Lampung. Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Kepala Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung, Kabag TU Kanwil, Kepala BDK Surabaya, Kepala BDK Banjarmasin, WI dan staf Pusdiklat Tenaga Teknis. Hadir pula pada momen itu, Kasubag TU Lampung Selatan, Kades Branti yang menjadi lokasi tanah hibah, tokoh masyarakat Branti dan perwakilan dari BMN Lampun Selatan.

R.A. Mustika/Nurul/diad

Penulis: Nurul
Sumber: RA Mustika
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI