Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668

Kabalitbangdiklat: Peganglah Prinsip JITU dalam Menjalankan Tugas!

Kamis, 23 Oktober 2014
Kategori : Berita
389 kali dibaca

Jakarta (23 Oktober 2014). “Saya perlu mengingatkan kepada kita semua, kita perlu pegang prinsip JITU dalam bekerja”, demikian pesan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof. Dr. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D .

Pesan disampaikan pada saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pejabat Eselon IV dan V di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Kementerian Agama Lantai III, Jl. MH. Thamrin No. 6 Jakarta, Kamis, 23 Oktober 2014.

Dalam pesannya, Kabalitbangdiklat menyampaikan bahwa prinsip JITU merupakan singkatan dari Jujur, Integritas, Transparan, dan Ulet. Selanjutnya beliau menjabarkan makna dari keempat prinsip tersebut.

Jujur, kejujuran merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh siapapun. Kejujuran dan amanah merupakan prinsip yang di dalam ajaran Islam menempati posisi yang sangat penting. Bahkan kejujuran juga menjadi prinsip universal yang berlaku dimanapun.

Integritas, integritas menjadi prinsip yang tak kalah penting dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab. Dengan integritas dan keikhlasan, menurut Kabalitbangdiklat, setiap pekerjaan yang kita jalankan akan terasa mudah dan ringan.

Transparan, Transparansi dan tidak sembunyi-sembunyi harus menjadi ruh dalam setiap aktifitas. Karena ketidakjelasan, ketiadaan transparansi adalah awal dari kejahatan. Oleh karena itu, transparansi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab menjadi sangat penting.

Ulet, ketekunan menjadi prasyarat mutlak dalam meraih keberhasilan. Ketekunan dan sikap kerja yang ulet akan membentuk pribadi yang tidak mudah menyerah dan selalu optimis untuk mencapai tujuan.

Selain menyampaikan pesan JITU, Kepala Badan juga berpesan agar kerjasama tim dan kekompakan sebagai keluarga besar Badan Litbang dan Diklat, harus selalu dijaga. Terlebih, para pejabat eselon IV dan V yang baru saja dilantik adalah ujung tombak dalam menjabarkan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Pejabat eselon IV dan V harus mampu memerankan sebagai pemikir strategis sekaligus sebagai pelaksana teknis. Secara strategis, diharapkan para pejabat eselon IV dan V mampu memberikan sumbanga pemikiran demi kemajuan lembaga, sementara secara teknis, pejabat eselon IV dan V juga diharuskan mampu menerjemahkan kebijakan-kebijakan strategis ke dalam bentuk teknis dan kongkrit.

Diakhir sambutannya, Kabalitbangdiklat menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru di lantik. Beliau juga berharap para pejabat tersebut mampu memberikan sumbangsih yang optimal serta keteladanan dalam membangun Badan Litbang dan Diklat yang lebih baik[]

AGS


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP