Kemenag Genjot Pematangan Naskah Akademik Ortaker BMBPSDM

2 Mar 2023
Kemenag Genjot Pematangan Naskah Akademik Ortaker BMBPSDM

Medan (Balitbang Diklat)---Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Prof. Suyitno memberikan arahan kepada Tim Penyusun Ortaker Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) untuk segera mematangkan naskah akademiknya.

“Dalam waktu dekat bersama Biro Ortala, usulan Ortaker BMBPSDM akan segera kita sampaikan kepada Menteri. Oleh karena itu, kita harus segera matangkan naskah akademiknya,” ujar Kaban yang hadir secara virtual saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Persiapan Transisi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) di Sumatera Utara, Rabu (01/03/2023).

Kegiatan diselenggarakan oleh Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (PLKKMO) pada 28 Februari-3 Maret 2023 di Sumatera Utama.

Berdasarkan Perpres nomor 12 tahun 2023 Balitbang Diklat Kementerian Agama bertransformasi menjadi Badan Moderasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang memiliki tugas melaksanakan perumusan dan pemberian rekomendasi kebijakan di bidang moderasi beragama dan pengembangan sumber daya manusia di bidang keagamaan.

Kepala Puslitbang LKKMO Prof. Arskal Sali sebagai ketua tim penyusunan Ortaker BMBPSDM menyampaikan bahwa proses penyusunan yang dilakukan harus ideal. Menurutnya, momen rapat kerja Puslitbang LKKMO ini harus dimanfaatkan untuk mengundang berbagai pihak yang terkait dengan penyusunan Ortaker BMBPSDM.

“Kita memikirkan idealnya menjadi BMBPSDM. Forum rapat kerja ini sengaja kita adakan dengan mengundang berbagai pihak terkait agar naskah akademik Ortaker ini semakin matang sebelum pelaksanaan finalisasi pertengahan bulan mendatang,” ujar Arskal saat menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Puslitbang LKKMO, Selasa (28/02/23).

Selain itu, dalam pembahasan Rapat Koordinasi Puslitbang LKKMO menurut Arskal harus juga dibahas tentang jabatan fungsional yang dibutuhkan dalam unit eselon 2 untuk memperkuat Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM. Pembahasan usulan/ perubahan unit eselon 2 ini juga harus dilaksanakan oleh pimpinan eselon 2 lainnya, sehingga sebelum ke acara pematangan pertengahan bulan nanti di Makassar sudah bisa disimpulkan seperti apa.

Muis/Cepi/diad

Penulis: Cepi Hermawan/Muis
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI