Kemenag Launching Bulan Pintar Pelatihan Online

6 Okt 2023
Kemenag Launching Bulan Pintar Pelatihan Online

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kementerian Agama melalui  Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat (Balitbang Diklat) Kementerian Agama me-launching program Bulan Pintar pelatihan online melalui platform MOOC Pintar. Pelatihan dilaksanakan selama sebulan penuh mulai 6 Oktober hingga 10 November 2023 secara periodik.

Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Amien Suyitno, menerangkan Bulan Pintar adalah program kreatif dan inovatif. Pelatihan online yang dikemas secara serial ini memberi peluang dan kebebasan bagi ASN Kemenag memilih jenis pelatihan yang diminati sesuai dengan kebutuhan.

“Serial Pelatihan Online Bulan Pintar dimaksudkan untuk memberi peluang dan kebebasan bagi ASN Kemenag dan masyarakat umum untuk memilih jenis pelatihan sesuai kebutuhan dan minatnya. Manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Gus Menteri sangat berkomitmen mendorong  layanan pelatihan yang memudahkan bagi masyarakat,” tegasnya melalui pesan singkat dari Ambon, Jumat (6/10/2023).

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini menjelaskan kehadiran Platform MOOC Pintar dengan berbagai terobosan baru sebagai solusi atas keterbatasan akses dan menjawab kebutuhan ASN Kemenag untuk peningkatan kompetensi.  Sekaligus memberi ruang bagi ASN non Kemenag, non PNS, non Pegawai Kemenag, PPPK, dan masyarakat umum lainnya untuk mengikuti pelatihan bidang agama dan pendidikan. 

“Berbagai jenis pelatihan yang dibuka di Platform Diklat Pintar ini sebagai solusi atas kebutuhan pengembangan kompetensi ASN Kemenag. Sejak di-launching oleh Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas awal tahun ini, Digital Learning Center melalui MOOC Diklat Pintar terus membuat terobosan untuk memperluas akses dan sasaran pelatihan,” tambahnya. 

Bulan Pintar terdiri dari 4 periode selama sebulan dan dapat diikuti secara online oleh para guru, kepala madrasah, pengawas, dosen, mahasiswa, penghulu, penyuluh, pemerhati pendidikan, dan masyarakat umum. Peserta dapat memilih beberapa pelatihan, dan mengikuti 4 pelatihan sesuai dengan konsen atau minat selama sebulan.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis, Mastuki, menambahkan tujuan program "Bulan Pintar" sebagai perluasan akses MOOC Pintar yang menjangkau lebih banyak sasaran. Program ini juga sebagai penjajakan untuk menyiapkan marketplace pelatihan yang bisa diakses kapan pun oleh ASN Kemenag. 

“Pusdiklat Tenaga Teknis sengaja merancang program Bulan Pintar sebagai bulan pelatihan. Bulan pengetahuan. Ini juga bulan promosi untuk memperluas akses MOOC Pintar ke berbagai segmen masyarakat. Selama sebulan ini ASN Kemenag bisa memanfaatkan "marketplace" pelatihan untuk mengembangkan kompetensi teknis. Guru, pengawas madrasah, dosen, mahasiswa, kepala madrasah, penghulu, penyuluh, pegawai teknis, aktivis pendidikan, dan siapapun bisa ikut. Gratis. Jadi, silakan mendaftar di platform Pintar. Jelajahi fiturnya, nikmati menunya,” tandasnya. 

Selanjutnya, Mastuki menjelaskan terdapat dua tahap yang harus dilakukan peserta yang baru mendaftar di MOOC Pintar.  Tahap pertama membuat akun dan tahap kedua adalah daftar pelatihan. 

"Saya mengimbau agar peserta melihat tutorial tentang tata cara membuat akun dan mendaftar di media sosial Pusdiklat Teknis dan Pintar seperti instagram, facebook dan YouTube. Tidak sulit. Sangat praktis,” pungkasnya (Rizal/bas/sri)

   

 

Sumber: Rizal
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI