Kota Depok Jadi Bagian Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2024

19 Mar 2024
Kota Depok Jadi Bagian Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Tahun 2024
Coaching Survei Indeks KUB 2024 di Kankemenag Kota Depok, Selasa (19/3/2024).

Depok (Balitbang Diklat)---Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB) Tahun 2024 telah dilaksanakan secara serempak di Indonesia. Sasaran survei terdiri dari 34 provinsi yang diturunkan menjadi 136 kabupaten/kota, 1.360 kelurahan/desa, dan 13.600 responden.

 

Tahun ini, Depok terpilih secara acak sebagai kota yang menjadi sasaran survei IKUB 2024. Menyambut hajatan nasional tersebut, Kemenag Kota Depok telah bersiap dengan menugaskan penyuluh khusus Bidang Kerukunan Umat Beragaman dan Moderasi Beragama yang siap mengikuti Coaching Survei Indeks KUB 2024.

 

Kassubag Tata Usaha Kankemenag Kota Depok Hasan Basri mengatakan kantornya memiliki penyuluh khusus Bidang Kerukunan Umat dan Moderasi Beragama, sehingga jika ada kegiatan khusus terkait Moderasi Beragama atau Kerukunan Umat Beragama, maka sudah siap petugasnya.

 

“Kemenag Kota Depok juga telah meluncurkan Kampung Moderasi Beragama dan Kampung Sadar Zakat, ini merupakan bagian dari tujuh program prioritas Kementerian Agama,” ujar Hasan Basri saat memberikan sambutan pada Coaching Survei Indeks KUB 2024 di Depok, Selasa (19/3/2024).

 

Menurut Hasan, penyuluh yang ditugaskan untuk survei Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB) 2024 di Kota Depok adalah PPPK yang masih muda dengan harapan tugas yang diberikan bisa berjalan dengan baik.

 

Sejalan dengan survei tersebut, Hasan mengaku, Kemenag Kota Depok telah didatangi Densus 88 dan Kesbangpol terkait isu-isu radikalisme dan paham keagamaan yang ada di Kota Depok.

 

“Selain itu, kami juga didatangi oleh FKUB untuk mengisi kuesioner terkait kerukunan umat beragama. Sama halnya dengan pengumpulan data survei ini, bertujuan untuk mengukur indeks kerukunan umat di Kota Depok,” katanya.

 

Mengingat beberapa tahun terakhir, berdasarkan penelitian dari Setara Institute, Depok dinobatkan sebagai salah satu kota yang intoleran di Indonesia. “Memang ada beberapa masalah terkait rumah ibadah, tetapi bisa ditangani dengan baik,” ungkapnya.

 

Koordinator Lapangan Kota Depok Dewi Indah Ayu mengatakan bahwa Survei IKUB 2024 merupakan bagian dari mengukur Indikator Kinerja Utama (IKU) Kementerian Agama. Selain itu, menjadi upaya untuk mengukur sikap umat beragama di Indonesia.

 

“Survei IKUB 2024 juga menjadi alat pemetaan, pengukuran potensi, prediksi, dan deteksi dini kehidupan keberagamaan umat beragama di Indonesia. Sehingga akan menjadi mapping dan data deteksi dini konflik keagamaan yang mungkin saja ada,” tandasnya.

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Koordinator Penyuluh Bidang Kerukunan Umat Beragaman dan Moderasi Beragama Ahmad Zaky Mubarok dan tim Monev Survei IKUB 2024 Farhan Muntafa.

 

Berikut daftar enumerator Survei IKUB 2024 di Kota Depok:

1.   Aditya Nurpratama bertugas di Sawangan

2.   Dedi Samsul Bahri bertugas di Pancoran Mas

3.   Jam'iyatul Jannah bertugas di Bojongsari

4.   Alfan Fauzi bertugas di Sawangan

5.   Syaipudin bertugas di Bojongsari

6.   Bahrudin bertugas di Limo

7.   Chairil Anwar bertugas di Cimanggis

8.   Darul Qutni bertugas di Beji

9.   Rifky Mawardi bertugas di Sukmajaya

10.       Fauzan Sugiono bertugas Sukmajaya

 

Diad/Sr

Penulis: Dewi Indah Ayu D
Sumber: Dewi Indah
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI