LP2M UIN Salatiga Mendukung Penuh Program Puslitbang LKKMO 2024

22 Des 2023
LP2M UIN Salatiga Mendukung Penuh Program Puslitbang LKKMO 2024
Kunjungan tim Puslitbang LKKMO ke LP2M UIN Salatiga , Kamis (21 /12/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Dalam rangka optimalisasi dan pelaksanaan program kegiatan di lingkungan Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Tahun 2024 terkait produk perbukuan dan hasil diseminasi, maka pada 19-23 Desember 2023 dilaksanakan  sosialisasi pada beberapa Kankemenag dan Perguruan Tinggi Keagamaan meliputi Bandung, Salatiga, D.I. Yogyakarta, Bogor, Kebumen, Lamongan, Ciamis, Kuningan, dan Jambi.

 

Tim sosialisasi yang menyambangi Salatiga diketuai oleh Bahari, memiliki agenda untuk mengunjungi LP2M UIN Salatiga (21 /12/2023). Tim sosialisasi diterima di Gedung Rektorat oleh Ketua LP2M, Dr. Hammam, didampingi tiga staf sekretariat, yaitu Mohammad Ganii Rohman, Nasrullah Arsyad S, dan Mahanara Puja.

 

Ketua LP2M menyambut baik kunjungan tim Puslitbang LKKMO karena sesuai dengan tugas fungsi serta amanat Rektor yaitu menjalin silaturahmi dengan pelbagai pemangku kepentingan dan kunjungan dari lembaga lain menunjukkan bahwa UIN Salatiga sudah menjalani tugas dan fungsinya dengan baik.

 

“Tujuan silaturahmi ini adalah menjaring evaluasi dari pemangku kepentingan dan sekaligus sosialisasi tusi LKKMO, yaitu penyusunan jurnal ilmiah, penerjemahanAl-Qur’an, penerbitan buku moderasi beragama, dan penilaian buku pendidikan agama,” ujar Bahari saat memaparkan tujuan dari kunjungan tim Puslitbang LKKMO.

 

Secara khusus, Bahari juga menjelaskan bahwa tugas pokok penilaian buku, selain didasari oleh regulasi yang kuat, juga beririsan dengan tugas-tugas lain seperti moderasi beragama yang mengarahkan buku yang dinilai, antara lain, tidak boleh mengandung ujaran kebencian. Hal tersebut sesuai dengan visi LKKMO dalam penilaian buku yaitu “Buku agama berkualitas, bangsaku semakin cerdas.”

 

Dengan pemaparan dan sosialisasi terkait program kegiatan yang dilakukan di lingkungan Puslitbang LKKMO, jajaran LP2M UIN Salatiga sangat mendukung program Puslitbang LKKMO Tahun 2024 didasari dengan tujuan dan fungsi dari program Puslitbang LKKMO itu sendiri yang dipandang sangat berguna memajukan moderasi beragama dan mencerdaskan bangsa melalui produk-produknya.

 

Sebagai penutup, Bahari mengajak teman-teman dosen UIN Salatiga menjadi penilai buku pendidikan agama agar dapat berkontribusi dalam menyukseskan program Puslitbang LKKMO dan mengembangkan kualitas perbukuan pendidikan agama. Kunjungan ini diakhiri dengan tukar menukar cindera mata. (Rheka. H/bas/sri)

Penulis: Rheka. H
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI