Menarik Pengunjung Lewat Teater Mini Perpustakaan

24 Agt 2023
 Menarik Pengunjung Lewat Teater Mini Perpustakaan
Perpustakaan Amir Machmud Kementerian Dalam Negeri, Rabu (23/8/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Salah satu upaya untuk meningkatkan literasi dan akses ke perpustakaan adalah Layanan Teater Mini Perpustakaan. Inilah yang dilakukan di Perpustakaan Amir Machmud Kementerian Dalam Negeri, dengan tagline-nya “Suluh Bacaan Politik dan Pemerintahan”. Sebagai salah satu layanan perpustakaana yang tergolong baru ini, diharapkan  Teater Mini Perpustakaan dapat meningkatkan kunjungan perpustakaan.

“Kami ingin orang atau para pegawai tidak hanya lalu-lalang di depan perpustakaan, tetapi juga mereka mau masuk dan membaca buku perpustakaan. Nah, salah satu cara yang kami anggap menarik dan cukup mendapatkan perhatian pemustaka adalah menonton film. Kami memiliki Teater Mini yang nyaman dengan suguhan film-film berkualitas yang sudah kami pilih,” jelas Ilham Hamudy selaku Koordinator Perpustakaan, Rabu (23/8/2023).

Kunjungan kerja Perpustakaan Kementerian Agama ke Perpustakaan Amir Machmud Kementerian Dalam Negeri ini bertujuan untuk memperluas cakupan layanan perpustakaan di antaranya melalui Teater Mini Perpustakaan yang jarang sekali diketahui orang. Teater Mini Perpustakaan pun menjadi daya tarik tersendiri untuk orang luar  atau pemustaka yang ingin berkunjung.

Program Movie Time Perpustakaan Amir Machmud Kementerian Dalam Negeri tersebut dibuka dari Senin hingga Jumat, dari pukul 13.00 sampai selesai. Untuk jumlah penonton minimal 8 hingga 11 orang. Judul film setiap minggunya ditentukan oleh pengelola perpustakaan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui whatsapp, atau dapat langsung datang ke perpustakaan Amir Machmud.

Teater Mini dirancang sebagai bagian dari layanan perpustakaan yang mengadopsi keinginan pemustaka untuk mendapatkan informasi dan hiburan dengan cara yang asyik, ringan, dan menghibur. Perpustakaan tidak hanya semata  meminjam buku, tetapi terdapat layanan yang mengedukasi melalui film.

Teater Mini Perpustakaan ini merupakan pilihan yang cerdas bagi mereka yang mencari pengalaman hiburan berkualitas dalam ukuran yang lebih kecil. Meskipun memiliki dimensi yang mini, teater ini tidak mengorbankan kualitas gambar dan suara, membuatnya menjadi pilihan menarik bagi pemustaka penggemar film. Salah satu yang paling mengesankan dari Teater Mini Perpustakaan Amir Mchmud Kementerian Dalam Negeri yaitu kualitas gambar yang tajam dan jernih, juga kualitas suara yang sangat baik.

Kerja sama antar perpustakaan melalui kolaborasi program kegiatan, berbagi informasi, dan update layanan, diharapkan mampu meningkatkan kiprah dan eksistensi perpustakaan. Semoga keragaman layanan perpustakaan ini mendorong semakin banyak orang untuk memanfaatkan perpustakaan dan menghargai pentingnya literasi dalam pengembangan individu dan masyarakat secara umum. (HAR dan Danti)

 

 

Penulis: Hariyah
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI