Meraih Akreditasi Lembaga PBJP, Pusdiklat Tenaga Administrasi Siap Menjadi Pelaksana Uji Kompetensi

14 Mar 2023
Meraih Akreditasi Lembaga PBJP, Pusdiklat Tenaga Administrasi Siap Menjadi Pelaksana Uji Kompetensi

Ciputat (Balitbang Diklat)--- Pusdiklat Tenaga Administrasi siap menjadi lembaga untuk TUK pelatihan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP), baik secara tim maupun kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan.

Kepala Pusdiklat (Kapus) Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i mengatakan hal tersebut saat membuka kegiatan verifikasi dan visitasi sebagai rangkaian rangkaian proses penjaminan kualitas pelatihan PBJP.

“Setelah meraih lembaga pelatihan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (PBJP) terakreditasi A yang ditetapkan melalui Keputusan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Permerintah Nomor 20 Tahun 2023, kami bersiap mengajukan diri sebagai tempat uji kompetensi (TUK) sebagai rangkaian penjaminan kualitas pelatihan PBJP,” ujar Kepala Pusdiklat Administrasi Syafi’i di Ciputat, Senin (13/3/2023).

Pengajuan TUK ini mendapat apresiasi dari LKPP sebagai lembaga pembina pelatihan PBJP. Setelah mengajukan administrasi persuratan dan kelengkapan borang, maka  dilaksanakan kegiatan verifikasi dan visitasi calon pelaksana uji kompetensi PBJP oleh LKPP secara daring.

Pada kesempatan tersebut, anggota tim kerja penjaminan dan pengendalian mutu, Amik Tri, menyampaikan paparan hasil persiapan pengajuan borang TUK. Adapun borang yang sudah terpenuhi yaitu form self-assessment  TUK Mandiri dan form self-assessment pelaksana uji kompetensi.

Unsur dalam form self-assessment TUK Mandiri yang telah dipenuhi persyaratannya mencakup sarana prasarana yang terstandar sebagai TUK seperti aula, ruang wawancara, ruang uji tertulis pelaksanan ujikom, dan sarana pendukung ujikom.

“Selanjutnya, unsur dalam form self-assessment TUK Mandiri yang telah terpenuhi yaitu dokumen akreditasi LPPBJ, usulan TUK Mandiri, surat pengajuan pelaksana ujikom, rancangan keputusan pembentukan pelaksana ujikom dan struktur organisasi, rancangan sumber anggaran, form rencana kegiatan, dan SOP,” kata Amik.

Tim verifikasi menyatakan seluruh unsur, baik form self-assessment  TUK Mandiri dan form self-assessment pelaksana uji kompetensi telah terpenuhi.

Pada akhir acara, tim verifikasi dan visitasi menilai dan menuangkan seluruh aktivitas verifikasi secara daring tersebut ke dalam berita acara verifikasi.

Kegiatan dihadiri oleh Tim Kerja Penjaminan dan Pengendalian Mutu sebagai pengawal kualitas Pusdiklat Tenaga Administrasi yang diketuai Siti Kusriyah dan tim kerja lainnya yang secara langsung terlibat dalam rangkaian pengajuan akreditasi dan TUK. Dari pihak LKPP, dihadiri oleh tim dari Direktorat Sertifikasi Profesi LKPP, Umi N dan Fadhil, serta Puslat SDM PBJ, Nabil dan Axel. Semoga Pusdiklat Tenaga Administrasi mendapat kepercayaan menjadi TUK pelatihan PBJP oleh LKPP.  (yn/diad)

 

 

 

 

Penulis: Yaniwati
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI