Pelatihan INAS PMB: Membangun Instruktur Berkualitas untuk Moderasi Beragama

13 Mei 2024
Pelatihan INAS PMB: Membangun Instruktur Berkualitas untuk Moderasi Beragama
Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI Suyitno saat memberikan arahan pada Pelatihan Instruktur Nasional Penguatan Moderasi Beragama (INAS PMB) angkatan IV dan V tahun 2024 di Ciputat, Minggu malam (12/5/2024).  

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pelatihan Instruktur Nasional Penguatan Moderasi Beragama (INAS PMB) angkatan IV dan V tahun 2024, merupakan pelatihan level tertinggi atau atau the first range yang berlandaskan pada kebutuhan negara atau kebutuhan institusi.

 

“Pada pelatihan ini akan penyamaan persepsi dalam menanamkan moderasi beragama kepada para dosen, aktivis, organisasi masyarakat, dan para pejabat eselon II pada kementerian dan lembaga,” ujar Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI Suyitno di Ciputat, Minggu malam (12/5/2024).

 

Dengan menitikberatkan pada kebutuhan institusi, pelatihan tersebut dianggap sebagai langkah terdepan dalam upaya memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Oleh karen itu, nantinya akan dilakukan pretest dan diakhiri dengan post test untuk mengukur kognitifnya, supaya tidak ada mispersepsi.

 

Selain sesi teoritis, pelatihan INAS PMB juga melibatkan studi lapangan sebagai studi empiris untuk memahami secara langsung kehidupan moderasi beragama dalam berbagai konteks. "Ini diharapkan agar ketika ada kasus yang serupa, INAS memiliki pemahaman yang mendalam terhadap karakteristiknya dan mampu mengatasinya,” tutur Suyitno.

 

Suyitno juga menekankan bahwa pelatihan INAS PMB akan menjadi program yang berkelanjutan, mengingat sasaran pesertanya yang sangat besar, mencapai hampir tiga juta individu baik dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN.

 

"Mengacu pada data nasional ASN, kita memiliki lebih dari 4 juta ASN, di mana Kementerian Agama sendiri memiliki sekitar 230.000 ASN. Namun, jika ditambah dengan non-ASN termasuk berbagai organisasi masyarakat, totalnya mencapai sekitar tiga juta orang," ungkapnya.

 

Pelatihan INAS PMB Angkatan IV dan V Tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi landasan kuat dalam memperkuat moderasi beragama di Indonesia, serta menjadi ajang untuk menghasilkan instruktur yang berkualitas dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama di berbagai lapisan masyarakat.

 

(Barjah/diad/Sr)

Penulis: Barjah
Sumber: Fernanda
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI