PKN Harus Mampu Mencetak Pejabat yang Memiliki Inovasi dan Prestasi

13 Jun 2023
PKN Harus Mampu Mencetak Pejabat yang Memiliki Inovasi dan Prestasi

Jakarta (Balitbang Diklat)--- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membuka Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Nasional (PKN) II Angkatan XVI di Auditorium HM. Rasjidi Gedung Kementerian Agama, di Jakarta, Senin (12/6/2023).

“Saya ingin PKN ini mampu mencetak pejabat yang memiliki inovasi dan prestasi yang bermanfaat untuk unit kerja dan masyarakat  sekitarnya,” kata Menag Yaqut.

"PKN juga harus mampu mencapai tujuan organisasi dan lembaga masing-masing, melahirkan birokrat yang loyal bagi lembaga, pemerintah, bangsa dan negaranya," sambung Menag Yaqut.

Menurut Menag, sesering apapun seseorang mengikuti pelatihan kepemimpinan, tanpa dimasukkan sikap loyalitas kepada kesadaran masing-masing, itu akan percuma. “Loyalitas itu hitam putih tidak ada yang abu – abu,”tegasnya.

Menag juga berpesan PKN jangan dilksanakan untuk gaya – gayaan saja, output dan outcome nya itu yang terpenting. “Siapa saja bisa melaksanakan PKN,”ujarnya.

Menag Yaqut bergarap, dari PKN II ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang bisa membawa kesejahteraan umat sesuai tema besar dari pelatihan ini yaitu “Strategi Penguatan Toleransi Beragama dalam Mewujudkan Umat yang Rukun dan Sejahtera”.

PKN Tingkat II diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari 49 JPT Pratama Kementerian Agama, dan 11 orang dari K/L lain yang ditetapkan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN. Mereka terdiri dari 3 (tiga) orang Kementerian Sosial, 6 (enam) orang dari Polri, dan 2 (dua) orang dari Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Pelatihan dimulai tanggal 12 Juni 2023 dan berakhir tanggal 26 Oktober 2023.

(RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI