Pusdiklat Administrasi Berinovasi Hadirkan Repositori

2 Jul 2024
Pusdiklat Administrasi Berinovasi Hadirkan Repositori
Kegiatan Finalisasi Optimalisasi Repositori 2024 yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menggelar kegiatan Finalisasi Optimalisasi Repositori 2024 pada 2-3 Juli di Hotel Grand Whiz Poins Simatupang Jakarta. 

 

Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan data yang akurat sehingga dapat dimanfaatkan oleh unit pelaksana teknis (UPT) lainnya. Keberadaan Pusdiklat ini sangat dinanti oleh berbagai lembaga pelatihan, seperti balai diklat, untuk memperbaiki administrasi di UPT Kementerian Agama.

 

Acara tersebut dihadiri Analis Pengembangan Kompetensi Ahli Muda dari Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN Lembaga Administrasi Negara Teguh Henry Prayitno sebagai narasumber. 

 

Teguh memaparkan tata cara kelola ASN Corporate University, yang merupakan entitas kegiatan pengembangan kompetensi ASN. ASN Corporate University berperan sebagai sarana strategis untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional melalui penanganan isu-isu strategis dengan pembelajaran tematik dan terintegrasi, melibatkan instansi pemerintah terkait serta tenaga ahli dari dalam dan luar instansi pemerintah.

 

“Selain wajib melakukan pengembangan kompetensi, ada tujuh komponen Corporate University yang perlu diketahui, yaitu: struktur, manajemen pengetahuan, forum pembelajaran, sistem pembelajaran, strategi pembelajaran, teknologi pembelajaran, dan integrasi sistem,” ujar Teguh di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

 

Untuk mengelola pengetahuan yang dibutuhkan dan dihasilkan dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi di instansi pemerintah, diperlukan pemahaman tentang tiga tahapan manajemen pengetahuan:

1. Identifikasi dan akuisisi pengetahuan

2. Dokumentasi dan pengorganisasian aset intelektual

3. Penyebarluasan, pengembangan, dan pemantauan

 

Teguh juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan ASN Corporate University terbagi dalam dua tingkat, yaitu tingkat nasional yang dikoordinasikan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan tingkat instansi yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah. Dalam RPP Manajemen ASN, pusat unggulan dikoordinasikan oleh LAN.

 

Kegiatan ini dihadiri 25 peserta terdiri dari unit kerja Pusdiklat Tenaga Administrasi, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat, Puslitbang BALK, Biro HDI, dan Tim MOOC Pusdiklat Teknis dan Keagamaan. (Fernanda/Barjah/bas)

   

 

Penulis: Fernanda
Sumber: Nanda
Editor: Barjah dan Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI