Pusdiklat Teknis Rumuskan The Power of Branding

4 Mar 2022
Pusdiklat Teknis Rumuskan The Power of Branding

Serpong (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggandeng SCB International Consulting dalam merumuskan The Power of Branding Pusdiklat Teknis. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda dalam Pelatihan Tenaga Pelatihan di Instansi Lain yang dilaksanakan di Hotel Mercure BSD City, Serpong (1 s.d. 4 Maret 2022). 

Perumusan branding tersebut diawali paparan Agung Solihin, Founder and CEO SCB Corporation. “Apabila kita hanya bercerita, mungkin orang lain akan lupa. Apabila kita tunjukkan, mungkin orang lain ingat. Namun, apabila kita melibatkan, orang lain tidak pernah lupa,” tutur Agung. 

Certified International Coach ini mencontohkan The Power of Branding dari sebuah maskapai penerbangan. Ada yang branding-nya aman, nyaman, dan tepat waktu. Tapi, ada pula di mata customer terasa tidak aman, nyaman, dan sering delay. Itulah branding yang melekat dalam persepsi publik. Tinggal pilih mau branding baik atau buruk, tergantung pada kita yang menjalankan organisasi.

“Demikian halnya, dengan  Pusdiklat Teknis, perlu pencapaian branding dengan strategi menggunakan sudut pandang pelanggan atau masyarakat terhadap Pusdiklat Teknis. Apa yang membuat Pusdiklat Teknis dikenal, bahkan dipercaya masyarakat sebagai lembaga pelatihan?” ungkap Agung.

Agung lantas mengajak peserta menciptakan branding Pusdiklat Teknis. Melalui pendekatan demokratis, Agung menghimpun aspirasi semua peserta yang berasal dari tiga bidang dan widyaiswara. Melalui diskusi bertahap dan cukup panjang, akhirnya branding Pusdiklat Teknis ditemukan dan disepakati bersama. Branding tersebut adalah "Unggul dan Ramah".

“Selanjutnya, silahkan branding tersebut di-breakdown menjadi indikator dan nilai yang akan diwujudkan oleh seluruh pegawai Pusdiklat Teknis. Pusdiklat Teknis harus menunjukkan branding tersebut secara selaras antara ucapan, hati, dan perbuatan,” Agung menandaskan.

Perumusan tersebut diakhiri dengan peragaan ikon Unggul dan Ramah serta penandatanganan komitmen The Power of Branding Pusdiklat Teknis secara bersama-sama. (Rina/bas)

   

 

Penulis: Rina
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI