Puslitbang LKKMO Gandeng UIN Jember Melanjutkan Penerjemahan Al-Qur’an Bahasa Osing Banyuwangi

21 Mei 2021
Puslitbang LKKMO Gandeng UIN Jember Melanjutkan Penerjemahan Al-Qur’an Bahasa Osing Banyuwangi

Jember (21 Mei 2021). Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) berkunjung ke UIN K.H. Achmad Sidiq Jember guna melaksanakan rapat koordinasi program penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah Osing Banyuwangi. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat Rektor UIN Jember, dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah serta tim penerjemah UIN Jember, Rektor IAI Ibrahimy Banyuwangi, serta tim peneliti Pusat Litbang Lektur dan Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi.

Kepala Puslitbang LKKMO Arskal Salim GP mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk menyatukan pandangan dalam rangka melanjutkan program penerjemahan Al-Qur’an ke Bahasa Osing. “Produk ini sangat strategis dan memiliki manfaat yang signifikan. Selain itu, produk ini dinanti oleh masyarakat dan bisa menjadi karya kebanggaan bersama dari UIN Jember, IAI Ibrahimy serta Pemda Banyuwangi,” ungkap Arskal Salim.

Program penerjemahan Al-Qur’an ke dalam bahasa daerah ini menjadi salah satu program unggulan Puslitbang LKKMO yang bertujuan untuk  membumikan nilai-nilai Al-Qur'an kepada masyarakat luas terutama bagi penutur bahasa daerah, mengusung gerakan moderasi beragama, dan berpartisipasi untuk mencegah kepunahan bahasa daerah.

Program ini sudah dimulai sejak tahun 2018 berdasarkan MoU Puslitbang LKKMO dan IAIN Jember saat itu, namun terkendala dalam penyelesaiannya. Saat ini tahun 2021 Puslitbang LKKMO kembali menggagas melanjutkan program ini agar tuntas dan segera memberikan kebermanfaatan bagi banyak pihak baik perorangan penutur Bahasa Osing maupun lembaga pendidikan dan keagamaan di Banyuwangi. “Kami berkomitmen untuk melanjutkan program ini dengan target selesai validasi akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun 2022,” tandas Arskal Salim.[]

Muis/diad

Penulis: Muis
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI