Puslitbang LKKMO Selenggarakan Penyusunan dan Penerbitan Jurnal Nasional Lektur Keagamaan

23 Okt 2018
Puslitbang LKKMO Selenggarakan Penyusunan dan Penerbitan Jurnal Nasional Lektur Keagamaan

Jakarta (23 Oktober 2018). Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) menyelenggarakan kegiatan Penyusunan dan Penerbitan Jurnal Nasional Lektur Keagamaan, bertempat di Hotel Sofyan Hotel, Selasa (23/10). Kabid Manajemen Organisasi Dr. Asroi membuka acara tersebut. Asroi mengatakan agenda kita pada hari ini, yaitu pertama, presentasi reviewer hasil penilaian terhadap sejumlah artikel. Kedua, pengarahan Kapus LKKMO Dr. Muhammad Zain terkait pengelolaan dan pengembangan jurnal yang ada di Puslitbang LKKMO. Dan terakhir, pelatihan OJS (Open Journal System).

Reviewer yang hadir Prof. Dwi Purwoko dari LIPI dan Choirul Fuad Yusuf dari Puslitbang LKKMO. Dari hasil penilaian, reviewermerekomendasikan perlu ada perbaikan ringan dan berat terhadap beberapa artikel yang diterima.

Muhammad Zain dalam arahannya menekankan dua hal penting, yaitu pengelolaan- pembinaan jurnal dan peningkatan kompetensi peneliti dalam penulisan karya ilmiah. Ia mengatakan bahwa ada dua jurnal di Puslitbang LKKMO yaitu Jurnal Lektur dalam Bahasa Indonesia dan Journal Heritage dalam Bahasa Inggris. Kedua jurnal tersebut terbit dua kali dalam setahun dan Jurnal Heritage sudah masuk dalam MORAREF (Ministry of Religious Affairs’ Reference),dan Jurnal Lektur sedang dalam proses.

Berdasarkan hasil pemaparan reviewer, Muhammad Zain menegaskan perlunya mengadakan kegiatan khusus pelatihan tentang academic writing bagi peneliti. Pelatihan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill peneliti sehingga dapat menghasilkan tulisan yang indah, baik, benar dan enak dibaca. “Semoga rencana tersebut dapat segera terwujud”, ungkap Muhammad Zain. []

(Adison A Sihombing/bas/ar)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI