Resmi Dibuka! Conference Xtra 2024 Hadirkan Banyak Inovasi

13 Agt 2024
Resmi Dibuka! Conference Xtra 2024 Hadirkan Banyak Inovasi
Pembukaan Pameran Conference and Expose on Training (Conference Xtra) yang diselenggarakan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI di Surabaya, Selasa (13/8/2024).

Surabaya (Balitbang Diklat)---Pameran Conference and Expose on Training (Conference Xtra) yang diselenggarakan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI resmi dibuka hari ini di Surabaya oleh Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Suyitno.

 

Kaban dalam pernyataannya menegaskan bahwa ajang ekspose ini sangat penting, karena sebagai sarana untuk memadukan produk kelitbangan berbasis akademik dan inovasi pelatihan non-akademik.

 

Dalam arahannya, Kaban juga menekankan bahwa pameran ini menjadi platform penting bagi keluarga besar Balitbang Diklat, khususnya Balai Diklat Keagamaan (BDK), Balai Litbang Agama (BLA), dan Loka Diklat Keagamaan (LDK), untuk mengembangkan pelatihan yang tidak hanya efektif, tetapi juga nyaman bagi para peserta.

 

"Ekspose ini mencoba mengantarkan keluarga besar Balitbang Diklat agar dalam membuat sebuah pelatihan dibuat sedemikian rileks, sehingga peserta diklat itu merasa tidak merasa tertekan atau terbelenggu karena pelatihan," ujar Kaban di Surabaya, Selasa (13/8/2024).

 

Kaban juga menambahkan bahwa inovasi dalam pelatihan perlu mencakup aspek-aspek non-akademik, dengan menciptakan suasana yang lebih segar dan menyenangkan bagi peserta. "Inovasi pelatihan dilakukan juga sisi lainnya yang mengisi ruang-ruang non-akademik, karena pelatihannya dibuat lebih inovatif, menyegarkan, dan membuat peserta merasa enjoy," lanjutnya.

 

Kaban juga mengungkapkan apresiasinya terhadap kreativitas yang ditunjukkan BDK, BLA, dan Loka. “Dalam pantauan saya, semua BDK, BLA, dan Loka sangat kreatif dengan berbagai produknya, dan ini sangat membanggakan karena mereka sangat kreatif dan inovatif," tuturnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Kaban berharap agar ajang terbaik ini dapat menjadi ajang tahunan. “Ke depannya diharapkan ini bisa menjadi ajang tahunan, dan nantinya akan menjadi event-event nasional," pungkasnya.

 

Seremoni pembukaan Conference Xtra ini juga dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni, termasuk Tarian Cucuk Lampa, dan Tarian Wonderland Nusantara yang dibawakan secara apik oleh para murid di bawah naungan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Jawa Timur. 

 

Selain itu, acara ini juga berhasil menarik perhatian ratusan pengunjung yang memadati main hall Hotel Shangri-La Surabaya, termasuk civitas akademika dari berbagai perguruan tinggi keagamaan negeri di Jawa Timur serta anggota berbagai organisasi profesi seperti IGRA, PPG, Pokjawas, dan MGPM Provinsi Jawa Timur. (Barjah)

 

 

 

 

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas/Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI