Sinergi Program Perpustakaan dengan UNUSIA

6 Des 2023
Sinergi Program Perpustakaan dengan UNUSIA
Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Perpus Balitbangdiklat) menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan  Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Perpustakaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Perpus Balitbangdiklat) menyepakati Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan  Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia). Keputusan tersebut bersadarkan keunikan koleksi Perpustakaan Unusia yang terletak pada keberadaan Islam Nusantara serta fokus mendalam terhadap koleksi keagamaan.

 

Pustakawan Unusia menganggap bahwa perpustakaannya secara konsisten sejalan dengan Perpustakaan Kementerian Agama. Unusia telah mengembangkan fasilitas umum yang beragam, termasuk koleksi dari berbagai bidang dengan tetap mempertahankan fokus pada keagamaan.

 

“Kami percaya bahwa kerja sama dengan Perpus Balitbangdiklat akan memperkaya koleksi keagamaan dan memperluas koneksinya. Selain itu, kami dapat memberikan referensi tambahan dalam konteks Islam Nusantara,” ujar Ketua Bidang Nonakademik Fira di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

 

“Oleh karena itu, kami yakin bahwa melalui kerja sama ini, perpustakaan Unusia dapat lebih terlibat dalam kerja sama koleksi keagamaan,” imbuhnya.

 

Menurutnya, meskipun pengembangan koleksi keagamaan menjadi fokus utama, kerja sama tersebut tidak terbatas hanya pada bidang tersebut. Perpustakaan Unusia juga bersedia menyiapkan sarana prasarana yang dimiliki untuk saling berbagi pengetahuan pada program knowledge sharing.

 

Mewakili Tim Perpustakaan, Hariyah mengatakan ruang lingkup perjanjian kerja sama yang terjalin mencakup berbagai aspek pendukung guna mengembangkan keterampilan dan pengetahuan staf perpustakaan. Hal tersebut mencakup program pelatihan, workshop, dan kegiatan pengembangan sumber daya manusia lainnya guna meningkatkan profesionalisme dan kompetensi tenaga perpustakaan.

“Pengembangan Literasi Keagamaan bagi pengguna menjadi salah satu program literasi yang akan terus diinisiasi. Hal ini melibatkan promosi kegiatan membaca, pelatihan literasi informasi, dan inisiatif lainnya yang mendukung peningkatan pemahaman pengguna terhadap sumber daya perpustakaan yang dimiliki,” tandasnya.

Danti/Har/diad

Penulis: Danti
Sumber: Kontributor
Editor: Hariyah/Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI