Strategi dan Mitigasi jadi Kunci Peningkatan IKPA, Apa yang Perlu Disiapkan?

25 Apr 2024
Strategi dan Mitigasi jadi Kunci Peningkatan IKPA, Apa yang Perlu Disiapkan?
Kaban Suyitno pada kegiatan Koordinasi dan Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Halaman III DIPA di Banda Aceh, Rabu malam (24/4/2024).

Banda Aceh (Balitbang Diklat)---Menutup kegiatan Koordinasi dan Evaluasi Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Halaman III DIPA, Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Suyitno, menyoroti strategi dan mitigasi yang menjadi kunci dalam upaya meningkatkan IKPA tanpa mengorbankan volume dan output yang sudah direncanakan. 

 

“Kita harus merevisi tanpa mengganggu volume dan output yang sudah direncanakan. Strategi dan mitigasi menjadi penting dalam hal ini,” ungkap Kaban di Banda Aceh, Rabu malam (24/4/2024).

 

Kaban menyebutkan bahwa IKPA mengalami penurunan pada 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Dibandingkan dengan 2022, IKPA 2023 menurun, bahkan di bawah angka Inspektorat Jenderal (Itjen),” ujarnya.

 

Identifikasi masalah, kata Kaban, menjadi penting di setiap unit dan satker, mulai dari revisi anggaran hingga pengelolaan UP/TUP. “Kita perlu mengidentifikasi masalah dan menemukan langkah-langkah mitigasi untuk memastikan peningkatan IKPA dari tahun ke tahun,” tegasnya.

 

Dengan demikian, diharapkan ada pembahasan IKPA selanjutnya, setiap satker dapat menyajikan pencapaian IKPA beserta langkah-langkah mitigasi yang diambil untuk meningkatkan kinerja pada indikator tertentu yang menjadi permasalahan. (Ilda/bas/sri)

   

 

Penulis: Zakiatu Husnil Fuadah Harahap
Sumber: Zakiatu Husnil Fuadah Harahap
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI