Survei Kepuasan Haji Tinggi: Ini Gambaran Ikhtiar Kemenag
Jakarta (Balitbang Diklat)--- Hasil survei kepuasaan jemaah haji yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menjadi gambaran ikhtiar Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Angka kepuasan jemaah mencapai 88,20, artinya masuk pada kategori sangat memuaskan,
“Alhamdulillah, nilai kepuasan layanan jemaah haji menyentuh angka 88,20. Ini adalah wujud ikhtiar Kementerian Agama dalam melayani tamu Allah,” ungkap Pengurus Besar Al Jam'iyatul Washliyah Jakarta Anas Abdul Jalil saat ditemui pada Dialog Publik dan Rilis Survei Kepuasan Jemaah Haji Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (20/9/2024).
Meski demikian, lanjut Anas, dalam sebuah perhelatan akbar, ada hal-hal yang perlu diperbaiki di masa depan. Karena tidak ada yang sempurna dalam pekerjaan manusia.
“Kami dari Al Washliyah menyarankan agar Kemenag bersama dengan stakeholder, dapat meningkatkan pelayanan haji. Harapannya bisa mencapai tingkat kepuasan yang lebih tinggi di masa-masa haji mendatang,” tuturnya.
Terakhir, Anas menyampaikan terima kasih kepada Kemenag karena telah melibatkan ormas Islam dalam rekrutmen petugas dan memberikan kemudahan kepada jemaahnya di seluruh Indonesia. “Semoga melalui kerja sama yang baik, kita bisa meningkatkan pelayanan untuk jemaah haji Indonesia,” pungkasnya.
(Dewi Indah Ayu D)