Tingkatkan Partisipasi Penerbit, Puslitbang LKKMO Sosialisasikan PBPA pada IKAPI Jakarta

6 Mar 2024
Tingkatkan Partisipasi Penerbit, Puslitbang LKKMO Sosialisasikan PBPA pada IKAPI Jakarta
Kegiatan Sosialisasi PBPA di Wisma Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Sosialisasi Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) yang saat ini dilakukan Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) akan difokuskan pada wilayah DKI Jakarta. Hal ini untuk meningkatkan sosialisasi layanan Puslitbang LKKMO pada IKAPI di setiap daerah, tidak terkecuali Jakarta.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Kasubbag TU LKKMO, Sugeng, pada kegiatan Sosialisasi PBPA di Wisma Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (6/3/2024).

 

“Kepala Puslitbang LKKMO, Prof. Isom, menyampaikan bahwa proses sosialisasi ini diharapkan dapat menghasilkan output yang optimal dan maksimal terkait pemahaman dalam proses PBPA yang rangkaiannya sangat panjang dan melibatkan umat yang tidak sedikit,” tutur Sugeng.

 

Sementara itu, Bahari, Ketua Tim PBPA mengatakan bahwa dari 58 penerbit yang berpartisipasi pada PBPA 2023, terdapat 10 penerbit yang berasal dari wilayah Jakarta.

 

“Jumlah ini masih di bawah wilayah lain, seperti Jawa Barat yang jumlahnya 16 dan Jawa Tengah 16. Sehingga menjadi urgen sosialisasi ini mengambil lokus IKAPI Jakarta dengan harapan ada peningkatan jumlah partisipasi di tahun ini,” kata Bahari.

 

Lebih lanjut, Bahari menyampaikan pentingnya pelaksanaan PBPA yang telah menjadi salah satu ikon Kementerian Agama. Layanan ini merupakan pelayanan yang sangat penting untuk diakukan dan telah diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

 

“Salah satu amanat undang-undang itu adalah hadirnya buku yang bermutu. Inilah saya kira Kementerian Agama memiliki peran penting untuk mengawal buku yang bermutu khususnya di sekolah dan madrasah,” ucap Bahari. (Nova/bas/sri)

   

 

Penulis: Nova
Sumber: Nova
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI