12th Indonesia-Norway Human Rights Dialogue Usung Tema "On Religious Issues"

31 Mei 2016
12th Indonesia-Norway Human Rights Dialogue Usung Tema "On Religious Issues"

Jakarta (31 Mei 2016). Kepala Badan Litbang dan Diklat (Badan Litbang dan Diklat) Kementerian Agama, Abd. Rahman Mas’ud menerima kunjungan delegasi Interfaith Norwegia, Selasa (31/5). Delegasi diterima di Ruang Sidang Lantai 3 Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin No. 6, Jakarta.

Kunjungan delegasi ke Badan Litbang dan Diklat merupakan bagian dari rangkaian kegiatan 12th Indonesia-Norway Human Right Dialogue dengan tujuan mempromosikan pandangan dan perbaikan HAM, baik di Indonesia maupun di Norwegia.

Rombongan delegasi berjumlah 10 orang dipimpin oleh Kjersti Andersen(Director General Departement of UN and Humanitarian Affairs)dengan anggota Mattis Rausel (Deputy Director Section for Human Rigths and Democracy), Erling Hoem (Senior Adviser Section for Human Rigths and Democracy), Gunnar Stalsett (mantan uskup yang sekarang bekerja sebagai aktivis HAM), Knut Asplund, Lena Larsen, Anne-Li Ferguson,  Hilde Solbakken, Hana Cervenka, dan Thomas Mesberg-Stangeby.

Dialog ini merupakan media untuk menyamakan persepsi mengenai hak asasi manusia dari kedua negara. Tema diskusi fokus pada isu-isu agama. Kjersti menilai Indonesia merupakan negara dengan kehidupan keagamaan yang baik.

Dalam sambutannya, Abd. Rahman Mas’ud menyampaikan apresiasi atas kunjungan delegasi dari Norwegia. Selain itu, Mas’ud juga menjelaskan mengenai peran agama di Indonesia. Ia mengatakan bahwa agama di Indonesia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini bahkan secara tegas dinyatakan dalam ideologi bangsa Indonesia, yaitu sila pertama Pancasila “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

“Norwegia sangat mengapresiasi perkembangan kehidupan agama di Indonesia,” ujar Kjersti saat membuka dialog. Sejalan dengan hal tersebut, di Norwegia sendiri apresiasi negara terhadap agama pun cukup besar. Hal ini terbukti dari sudah berdirinya sekitar 100 masjid di sana.

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan dialog interaktif antara delegasiNorwegia dengan para peneliti dari Badan Litbang dan Diklat.Dialog berlangsung selama hampir tiga jam dan pada akhir acara ditutup dengan sesi foto bersama.

diad/viks/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI