Berita Terkini: Stan Balitbang Diklat di HAB Kemenag ke-78 Memukau Pengunjung dengan Karikatur Live

7 Jan 2024
Berita Terkini: Stan Balitbang Diklat di HAB Kemenag ke-78 Memukau Pengunjung dengan Karikatur Live
Karikatur live di stan Balitbang Diklat di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pada hari terakhir Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama, stan Balitang Diklat menjadi pusat perhatian para pengunjung. Dengan suguhan produk-produk unggulannya, stan ini tidak hanya menyajikan nuansa yang berbeda, tetapi juga memberikan pengalaman istimewa melalui seni kartun.

 

Karikatur live di stan Balitbang Diklat yang diprakarsai kartunis kenamaan Abdullah Ibnu Thalhah dan rekan-rekannya dari Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) menjadi daya tarik utama. Dengan keahlian mereka, pengunjung dapat melihat tangan-tangan terampil menggambarkan sketsa wajah dalam bentuk kartun.

 

Abdullah menjelaskan melalui media kartun, mereka menggambarkan para pengunjung dalam bentuk kartun, sehingga memberikan pandangan baru tentang diri mereka. "Kita menggambar para pengunjung dalam bentuk kartun. Di sana, mereka bisa melihat sisi lain dari diri mereka," ujar Abdullah di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

 

Selama tiga hari gelaran HAB Kemenag, antusiasme pengunjung terlihat dari antrian panjang yang ingin dilukis wajahnya dalam bentuk kartun. Abdullah mengungkapkan tidak ada persiapan khusus untuk melakukannya, hanya stamina yang dipersiapkan karena harus tampil selama tiga hari berturut-turut.

 

Menurut Abdullah, kepuasannya tidak hanya terletak pada hasil kartun yang dihasilkan, melainkan juga pada proses interaksi dengan subjek gambar dan menguatkan karakter dan ciri khas subjek. "Proses interaksi dengan subjek gambar, dan membuat sisi lain yang lucu, serta menguatkan karakternya. Jadi lebih pada ciri khasnya," tambahnya.

 

Seorang pengunjung, Nisya Fitriyani, yang baru pertama kali dilukis dalam bentuk kartun merasa sangat excited. "Kalau misalkan ada bentuk gambar atau lukisan diri saya, saya sangat senang sekali, hal ini berbeda dengan foto," ungkapnya.

 

Selain karikatur live, pengunjung juga memberikan apresiasi terhadap berbagai produk Balitang Diklat, salah satunya Al-Qur’an braille yang sangat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan. Pandangan positif terhadap booth Balitang Diklat semakin menambah kesan positif pada gelaran HAB Kemenag ke-78. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI