Direktur GTK: Kerja Keras dan Disiplin Adalah Kunci

14 Mar 2022
Direktur GTK: Kerja Keras dan Disiplin Adalah Kunci
Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Ditjen Pendis Kemenag RI , M. Zain menyampaikan materi Pelatihan Metodologi Pembelajaran Angkatan VII dan VIII melalui Zoom Meeting, Senin (14/03/2022).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Hidup ini tidak landai-landai saja dan penuh persaingan. Anda disiplin, kerja keras pasti alam akan lembut. Anda kerja lembek, tidak disiplin alam akan menggerus.

Penyataan tersebut disampaikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendis Kemenag RI M. Zain saat memaparkan materi Pelatihan Metodologi Pembelajaran Angkatan VII dan VIII melalui Zoom Meeting, Senin (14/03/2022).

Pelatihan Metodologi Pembelajaran Angkatan VII dan VIII yang dilaksanakan pada tanggal 14-30 Maret 2022 diikuti oleh peserta dari 12 provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa tenggara Timur. Dengan 100 JP (Jam Pelatihan), peserta diharapkan mendapatkan tambahan kompetensi metodologi pembelajaran yang berbasis active learning.

Direktur GTK M. Zain berpesan kepada seluruh peserta pelatihan untuk memerhatikan tiga (3) hal, yakni speed, uncertainty, dan complexity. “Kecepatan (speed) guru dalam menyesuaikan kemampuan teknologi khususnya pengajaran dan pembelajaran harus diikuti,” ujarnya.

“Guru harus mengubah mindset mengajar dengan menerapkan kedisiplinan kepada peserta didik dan kepada dirinya untuk memberikan kepastian di era uncertainty (ketidakpastian) ini. Biasakan bekerja keras, bangun pagi untuk menjalani rutinitas nisacaya akan mudah menghadapi hidup yang penuh complexity ini,” kata Direktur Zain.

Terakhir, Direktur Zain berpesan untuk tetap rendah hati serta berkolaborasi dengan guru lain dalam menjalankan tugas untuk kemajuan bersama.[]

NR/diad

Penulis: Nasrulloh
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI