Eny Retno Yaqut Apresiasi Komik Moderasi Beragama Produk Balitbang Diklat

6 Des 2022
Eny Retno Yaqut Apresiasi Komik Moderasi Beragama Produk Balitbang Diklat

Banten (Balitbang Diklat)---Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI, Eny Retno Yaqut menyebut di tengah keragaman agama, upaya yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan cara moderasi beragama.

Hal ini ia pesankan dalam seminar penguatan moderasi beragama yang digelar Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kemenag di MAN Insan Cendikia (IC) Serpong.

“Kita tentu tidak memoderasi agamanya, karena agama itu sudah baku dan tidak dapat diubah, tetapi bagaimana kita bersikap antarumat beragama, tentu bisa kita upayakan.” ungkap Eny di Serpong, Kamis (1/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, Eny juga membagikan buku komik moderasi beragama produk Puslitbang LKKMO Balitbang Diklat kepada para siswa MAN IC Serpong, serta Perpustakaan MAN IC Serpong sebagai bahan bacaan.

"Kami senang dengan inovasi penguatan dan penyebaran moderasi beragama melalui media Komik ini, efektif dan para siswa serta generasi Z ini senang dibagikan komik," ujarnya.

 

Sebelumnya, Kapuslitbang LKKMO Arskal Salim dalam laporannya mengatakan, moderasi beragama adalah salah satu program unggulan prioritas Kementerian Agama di era Menteri Yaqut Cholil Qoumas. Inovasi dan kreativitas dari setiap satker untuk melaksanakan program moderasi beragama ini menjadi tantangan tersendiri dalam implementasinya.

“Tiap generasi memiliki keunikannya masing masing, maka salah satu inovasi yang dilakukan oleh Puslitbang LKKMO adalah menginsersi muatan moderasi beragama melalui media komik, Insersi moderasi beragama lebih mudah dipahami khususnya oleh generasi Z atau kaum pelajar salah satunya melalui komik,” katanya.

Komik sebagai salah satu media literasi moderasi beragama yang ringan dibaca juga digemari oleh anak muda. Hal ini terbukti dengan antusiasme para siswa MAN IC Serpong saat mengikuti kegiatan.[]

MSN/AM/barjah/diad

Penulis: MSN/Muis
Editor: Barjah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI