Itjen Kemenag Inisiasi Belajar Pengembangan Perpustakaan di Balitbang Diklat

6 Feb 2024
Itjen Kemenag Inisiasi Belajar Pengembangan Perpustakaan di Balitbang Diklat
Tim Itjen Kemenag saat berkunjung ke Perpustakaan Balitbang Diklat, Senin (5/2/2024). (Foto: Eko Muktiawan)

Jakarta (Balitbang Diklat)---Sejumlah pegawai dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Itjen Kemenag RI) mengunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat. Mereka berinisiatif untuk belajar dan memperluas pengetahuan di bidang perpustakaan.

 

Sebanyak 4 pegawai Itjen Kemenag menyatakan keinginan kuat mereka untuk belajar lebih lanjut tentang perpustakaan di Badan Litbang Diklat Kementerian Agama (Balitbang Diklat).

 

“Inisiatif ini dipicu oleh kesadaran akan pentingnya perpustakaan sebagai pusat pengetahuan dan sumber informasi yang tak ternilai,” kata Hariyah kepada BalitbangDiklat usai pertemuan yang digelar di ruang sidang KH A Wahid Hasyim Gedung Kemenag Jl MH Thamrin No 6 Jakarta, Senin (05/02/2024).

 

Rencananya, lanjut dia, para pegawai Itjen Kemenag akan mengikuti jejak Perpustakaan Balitbang Diklat untuk mendirikan perpustakaan. Sejatinya, mereka telah memiliki ruang perpus dengan sejumlah koleksi.

 

“Namun, pengelolaan secara profesional masih belum. Oleh karena itu, teman-teman Itjen ini ingin memahami secara mendalam tentang pengelolaan perpustakaan modern, pengembangan koleksi, dan strategi promosi literasi,” ungkap Hariyah.

 

Pustakawan ahli madya ini menyambut baik keinginan para pegawai Itjen Kemenag untuk belajar di Perpustakaan Balitbang Diklat. “Kami siap mendukung teman-teman Itjen dalam mengeksplorasi dunia perpustakaan. Kami yakin pengetahuan yang mereka peroleh akan bermanfaat untuk tugas-tugas mereka di masa depan,” tandasnya. 

 

Dihubungi terpisah, Mutiara selaku jubir pegawai Itjen Kemenag mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih telah diterima di Perpustakaan Balitbang Diklat dalam melaksanakan Studi Tiru pengelolaan perpustakaan.

 

“Sangatlah berkesan dan sangat memotivasi kami untuk dapat segera merealisasi perpustakaan di kantor kami. Masukan dan juga saran dari teman-teman pustakawan Balitbang diklat juga sangat berharga, dan akan segera kami komunikasikan kepada pimpinan,” ujarnya.

 

“Di kemudian hari juga kami sangat mengharapkan agar dapat menimba ilmu lebih banyak lagi dan dapat berkoordinasi lebih lanjut,” sambung Mutiara yang ditemani tiga anggota terdiri dari Margono, Zainal Murtafik, dan Santi Purnama Dewi.

 

Ia berharap proses belajar para pegawai Itjen Kemenag di Balitbang Diklat dapat memperkaya wawasan mereka dan berkontribusi positif bagi peningkatan layanan Kemenag dalam bidang literasi di masyarakat.

 

“Semoga inisiatif seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi unit Eselon 1 lainnya untuk terus mendorong pengembangan kompetensi dan pengetahuan di antara pegawai mereka,” pungkas Mutiara. (Ova/bas/sri)

   

 

Penulis: Musthofa Asrori
Sumber: Ova
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI