Kaban Suyitno: Pegawai PPPK Mayoritas Guru Harus Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

4 Nov 2022
Kaban Suyitno: Pegawai PPPK Mayoritas Guru Harus  Beradaptasi dengan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Makassar (Balitbang Diklat)---Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar menggelar Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) angkatan XLI,XLII,XLIII,XLIV,XLV dan XLVI. Kegiatan ini diikuti oleh 240 orang peserta.

Kepala Badan Litbang (Kaban) dan Diklat Kementerian Agama RI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag hadir dan berkesempatan memberikan sambutan, bertempat di Aula Baruga Syekh Yusuf BDK Makassar, Jum’at (04/11/2022). Hadir mendampingi Kaban Kepala BDK Makassar, Juhrah, M.AP dan Kepala Balai Litbang Agaa Makassar, Saprillah.

Dalam sambutannya, Kaban mengatakan peserta orientasi PPPK yang mayoritas guru harus  terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasiterus belajar menguasai teknologi informasi karena mau tidak mau harus berhadapan dengan paradigma pembelajaran jarak jauh secara online agar tidak gaptek. Minimnya pengetahuan tentang teknologi turut menjadi hambatan dalam pembelajaran di era sekarang ini.

Lebih jauh, Kaban berharap guru-guru mampu mengembangkan kreatifitas melalui penerapan model-model pembelajaran agar pembelajarannya tidak membosankan, melainkan menyenangkan peserta didik, sekalipun tidak dengan tatap muka langsung. “Bagi guru pasti ini tidak mudah karena sehari-hari guru melakukan pembelajaran dengan tatap muka yang model dan metode pembelajarannya sudah dikuasai selama ini,” ujar Kaban.

Kaban menekankan bahwa guru harus mau belajar dan berusaha meningkatkan kompetensinya agar tetap bisa melaksanakan tugasnya untuk melayani peserta didik belajar.

“Guru juga harus berinovasi. Tidak hanya mengandalkan proses mengajarnya pada buku paket saja, tetapi juga dituntut dan dipacu untuk lebih inovatif dalam memberikan pengajaran kepada anak didiknya melalui pencarian sumber-sumber belajar yang lebih variatif dan menarik minat peserta didik untuk belajar. Harus banyak mencari dan memperkaya referensi bahan ajar dari sumber lain sebanyak-banyaknya,” ungkap Kaban

Kaban mengingatkan kepada seluruh peserta orientasi untuk mendukung penuh program prioritas Kementerian Agama yang salah satunya adalah penguatan moderasi beragama.Terkait penguatan moderasi beragama, kata Kaban, ada empat indikator yang dikuatkan, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, serta penerimaan terhadap tradisi. “Harapannya agar seluruh Pegawai BDK Makassar serta seluruh peserta Orientasi PPPK mendukung penuh program prioritas Kementerian Agama, khususnya penguatan moderasi beragama,” pesan Kaban.

Pada kesempatan ini, Kepala BDK Makassar menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI atas kesempatan dan waktunya untuk hadir dan mendukung penuh berbagai kegiatan yang diselenggarakan BDK Makassar. (Fachri/bas)

 

Penulis: Fachri
Sumber: BDK Makassar
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI