Kesiapan Balitbang Diklat: Gebyar Layanan Unggulan dan Agenda Spektakuler di HAB 2024

30 Des 2023
Kesiapan Balitbang Diklat: Gebyar Layanan Unggulan dan Agenda Spektakuler di HAB 2024
Logo Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-78.

Jakarta (Balitbang Diklat)---Balitbang Diklat Kementerian Agama RI dengan penuh sukacita menuju Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 pada 3 Januari 2024 nanti. Di tingkat pusat, acara tahunan ini dijadwalkan berlangsung mulai 2 Januari hingga 7 Januari 2024, diisi dengan sejumlah kegiatan yang akan digelar di Jakarta dengan lokasi yang berbeda-beda.

 

HAB Kementerian Agama selalu menjadi momentum yang dinanti-nantikan seluruh pegawai, keluarga besar Kementerian Agama, mitra kerja, dan masyarakat Indonesia. Dengan mengusung tema "Indonesia Hebat Bersama Umat", HAB 2024 nanti diharapkan menjadi momentum kebangkitan umat dan bangsa untuk Indonesia hebat.

 

Tema tersebut terinspirasi oleh kepentingan kerukunan untuk meraih Indonesia Emas 2045. Dalam suasana tahun politik, HAB ini ingin menyampaikan pesan penting, perbedaan pilihan tak boleh mengganggu persatuan. Kebersamaan umat menjadi kunci utama dalam membangun Indonesia yang gemilang.

 

Balitbang Diklat turut menyambut acara ini setiap tahunnya dengan berbagai sajian dan agenda menarik. Hal ini sebagai komitmen untuk mengekspos berbagai layanan unggulan dan produk-produk genuine sebagai bentuk capaian kinerja selama tahun 2023.

 

Sekretaris Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, Arskal Salim, menyatakan kesiapannya untuk menjadi bagian dari HAB Kementerian Agama ini. “Kami telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang tidak hanya menampilkan prestasi kita sepanjang tahun 2023, tetapi juga menyuguhkan layanan terbaiknya untuk umat,” ujar Arskal di Jakarta, Kamis (29/12/2023).

 

Rangkaian Agenda HAB Ke-78

 

Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan (BALK) Arfi Hatim sekalu  ketua panitia HAB tingkat Balitbang Diklat mengungkapkan agenda HAB ke-78, pada 2 Januari 2024 diawali dengan kegiatan doa dan puisi untuk Palestina di Hall Pusat Perfilman Usmar Ismail, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. 

 

“Kegiatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh sejumlah sastrawan dan seniman, antara lain KH Ahmad Mustofa Bisri, KH D Zawawi Imron, Sutardji Calzoum Bachri, Sosiawan Leak, Olivia Zalianty, dan Inne Febrianti,” ungkap Arfi.

 

Selanjutnya, 3 Januari 2024 apel Hari Amal Bakti di Tugu Proklamasi, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta; 4 Januari 2024 Meet and Brief Menteri Agama Republik Indonesia di Hall JCC Jakarta; 5-7 Januari 2024. Dev X atau Devotion experince, yaitu sebuah kegiatan yang berisi pameran kinerja Kemenag selama ini. 

Menurut Arfi, beberapa agenda yang akan diselenggarakan oleh Balitbang Diklat meliputi pameran prestasi, seminar inovasi, dan workshop yang melibatkan para ahli dan praktisi di bidang keagamaan. Semua kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dan energi positif bagi seluruh peserta yang hadir.

 

“Pada acara HAB nanti, Balitbang Diklat akan menyuguhkan Talkshow Parenting Moderasi Beragama dan Moderasi Beragama Bersama Gen Z. Selain itu, juga performance penampilan musik dan film moderasi yang dipandu dengan penampil Raja Dangdut tanah air yaitu Rhoma Irama dengan forsa-nya,” ucapnya.

 

Booth Balitbang Diklat nanti akan dimeriahkan dengan sejumlah layanan on the spot dan display berbagai produk unggulan, seperti seputar Massive Open Online Course (MOOC), Penilaian Buku Pendidikan Keagamaan, terjemahan Al-Qur’an bahasa daerah, layanan Al-Qur’an Braille, Bahasa Isyarat, dan Layanan Pentashihan Al-Qur’an.

 

“Perpustakaan digital Balitbang Diklat yang menjadi kebanggaan Kemenag akan hadir dengan layanan perpustakaan secara digital, dan pengunjung bisa mengakses semua layanannya. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi mengenai buku-buku moderasi beragama, produk-produk riset, dan audio visual moderasi beragama, seperti inovasi Moderasi Beragama,” pungkas Arfi. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI