Kreativitas dan Inovasi Ciri Kompetensi Abad 21

14 Mar 2022
Kreativitas dan Inovasi Ciri Kompetensi Abad 21
Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan, Imam Safe’i (tengah) menyampaikan arahan dan membuka Pelatihan Inovasi Madrasah Angkatan I di Hotel Ayani Aceh, Senin (14/03/2022).

Aceh (Balitbang Diklat)---Salah satu skills yang harus dimiliki pegawai adalah kompetensi. Kreativitas dan inovasi merupakan ciri kompetensi Abad 21.

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Imam Safe’i menyampaikan hal tersebut saat menyampaikann arahan pada pembukaan Pelatihan Inovasi Madrasah I di Hotel Ayani Aceh, Senin (14/03/2022).

“Selain kompetensi, skills yang harus dimiliki pegawai Abad 21 antara lain foundation literacy (literasi dasar) yang meliputi literacy, numeracy, scientific literacy, ICT literacy, financial literacy, dan cultural and civic,” ujarnya.

Selanjutnya, menurut Kapus Imam, kemampuan lain yang dibutuhkan adalah character qualities (kualitas karakter) yang meliputi curiosity, initiative, empathy, persistence/grit, adaptability, leadership, social and cultural awareness, dan emotional agility

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Inovasi Madrasah I Nasrulloh melaporkan bahwa pelatihan dihadiri peserta dari MTsN 5 Pidie, MTsN Sabang, MTsN 2 Bireun, MTsN 1 Aceh Jaya, MTsN 2 Aceh Besar, dan MTsN 2 Pidie Jaya. Dengan 50 JP (Jam Pelatihan), peserta dituntut melakukan inovasi madrasah masing-masing pasca pelatihan.

“Komposisi peserta dari tiap madrasah pada Pelatihan Inovasi Madrasah I terdiri atas unsur kepala madrasah, wakil kepala madrasah, komite madrasah, guru, dan pengawas,” ujar Nasrulloh.

Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Aceh Marzuki menyampaikan apresiasi kepada Pusdiklat Teknis yang telah menyelenggarakan pelatihan inovasi di Aceh. “Kesempatan bagi pegawai kami menjadi lebih besar karena pelatihan dilaksanakan di Aceh. Kami mengucapkan terima kasih,” tutur Marzuki. []

NR/diad

 

 

Penulis: Nasrulloh
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI