My Sipisis Pro, Aplikasi Perpustakaan Masa Kini

24 Mei 2016
My Sipisis Pro, Aplikasi Perpustakaan Masa Kini

Bogor (11 Mei 2016). Badan Litbang dan Diklat melalui Bagian Umum dan Perpustakaan mengadakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi My Sipisis Pro di Cipayung, Bogor. Kegiatan berlangsung pada tanggal 11 s.d. 13 Mei 2016 dengan mengundang 1 orang Pustakawan dan 1 orang IT pada Unit Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Perpustakaan secara luas dapat diartikan sebagai salah satu unit kerja berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis. Bahan pustaka tersebutdipergunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi.

Agar sumber informasi yang terdapat di perpustakaan dapat ditemukan dengan mudah, pemustaka wajib mengolah informasi, salah satunya proses pembuatan katalog. Kegiatan ini merupakan salah satu pekerjaan pokok dalam rangkaian kegiatan perpustakaan.

Informasi yang terdapat dalam katalog perpustakaan diperoleh melalui data yang berkaitan dengan bentuk fisik bahan perpustakaan tersebut (katalogisasi deskriptif), seperti pengarang, judul, edisi, tahun terbit, nama penerbit, jumlah halaman, tinggi buku serta keterangan lain yang diperlukan.

“Dengan pengolahan bahan perpustakaan yang baik dan profesional diharapkan koleksi perpustakaan Badan Litbang dan Diklat dapat tertata secara sistematis”, ujar Kepala Bagian Umum dan dan Perpustakaan,Ansori, saat pembukaan acara, Rabu (11/5). “Selain itu, diharapkan melalui aplikasi My Sipisis Pro ini koleksi perpustakaan dapat ditemukan kembali secara efektif dan efisien sehingga memudahkan pengguna”, tambah Ansori.

Pada akhir sambutannya, Ansori menghimbau kepada seluruh peserta agar dapat mengembangkan aplikasi My Sipisis Pro di unit kerja masing-masing dan berharap dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. []

diad/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI