Orasi Ilmiah: Pendidikan dan Pelatihan Berpengaruh Signifikan terhadap Motivasi Guru

23 Nov 2015
Orasi Ilmiah: Pendidikan dan Pelatihan Berpengaruh Signifikan terhadap Motivasi Guru

Surabaya (23 November 2015). Menindaklanjuti pelaksanaan Pra-Orasi Ilmiah beberapa waktu yang lalu, Balai Diklat Keagamaan Surabaya melaksanakan Orasi Ilmiah Widyaiswara Ahli Utama atas nama Dr. Widayanto, M.Pd. Prosesi Orasi Ilmiah dibuka secara resmi oleh  Kepala Badan Litbang dan Diklat, Prof. Abd. Rahman Mas’ud, Ph.D selaku Ketua Sidang. dilanjutkan dengan pembacaan Riwayat Hidup Orator oleh Sekretaris Sidang, Dr. H. Muchammad Thoha, M.Si, Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan presentasi orasi ilmiah.

Dalam orasi yang berjudul “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Motivasi Berprestasi dan Kinerja Guru  Alumni Diklat Bahasa Inggris Madrasah Aliyah se-Jawa Timur,“ Dr. Widayanto, M.Pd. menyampaikan bahwa berdasarkan riset yang dilakukannya melalui pola descriptive explanatory jenis surveydengan pendekatan kuantitatif ditemukan adanya pengaruh langsung positif yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi berprestasi dan kinerja guru alumni diklat guru bahasa Inggris pada Madrasah Aliyah se-Jawa Timur.

Dari hasil penelitian tersebut, Dr. Widayanto, M.Pd. merekomendasikan beberapa hal, diantaranya,  bagi Kepala Badan Litbang dan Diklat agar selalu mengalokasikan dana lebih dan mengadakan pembinaan kepada Pusdiklat dan Balai-balai Diklat Keagamaan yang ada di seluruh Indonesia untuk meningkatkan penyelenggaraan program diklat secara kuantitas dan lebih berkualitas  sehingga menghasilkan alumni diklat yang meningkat motivasi berprestasi dan kinerjanya. Selanjutnya bagi Kepala Balai Diklat Keagamaann di seluruh Indonesia agar  menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam menghadapi tantangan di dunia pendidikan.

Selain itu, orator berharap hasil penelitian ini bermanfaat bagi Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan untuk dijadikan pertimbangan dalam upaya meningkatkan motivasi berprestasi dan kinerja guru bahasa Inggris pada madrasah,  terutama dalam memproduk jenis-jenis diklat yang terkait Budaya Kerja Kementerian Agama dan Diklat Manajemen Sumber Daya Manusia /MSDM.

"Orasi ilmiah ini adalah bagian dari kontrol kualitas pendidikan dan pelatihan,” demikian disampaikan oleh Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN, Dr. Muhammad Idris, M.Si disela-sela sambutan dan tanggapannya terhadap orator. “Diperlukan tiga hal yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan, yaitu standarisasi kediklatan, pengembangan kediklatan, dan kontrol kualitas kediklatan,” tambahnya.

Selanjutnya, Prof. Abd. Rahman Masud, Ph.D saat menanggapi paparan Dr. Widayanto, M.Pd., menyampaikan apresiasinya kepada prestasi widyaiswara di Balai Diklat Keagamaan yang telah melaksanakan orasi ilmiah. “Secara kuantitas Badan Litbang dan Diklat telah memproduk orasi ilmiah sebanyak 6 kali dalam setahun, sedangkan dari segi kualitas secara affirmative action diharapkan kedepan ada anggaran khusus untuk persiapan orasi ilmiah sebagai bentuk kepedulian terhadap widyaiswara,” ujarnya sebagai penutup sambutan.

Orasi ilmiah Dr. Widayanto, M.Pd merupakan yang ke-2 kali bagi widyasiswara di Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan ke-26 untuk widyaiswara di lingkungan Kementerian Agama. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Deputi Bidang Diklat Aparatur LAN, Kepala Balai Diklat Keagamaan, dan widyaiswara lembaga diklat pemerintah se-Jawa Timur. []

diad/vicks/diad

 

 
Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI