Pameran Perpustakaan Kemenag di ISLAGE UIN Yogyakarta Jadi Gizi Keilmuan

3 Agt 2023
Pameran Perpustakaan Kemenag di ISLAGE UIN Yogyakarta Jadi Gizi Keilmuan
Sesban Arskal Salim (tengah) saat sidak di stan pameran Perpus Kemenag RI di arena ISLAGE di UIN Yogyakarta. (Foto: Ova)

Yogyakarta (Balitbang Diklat)---Pameran produk-produk akademik Perpustakaan Kementerian Agama RI yang digelar dalam rangka memeriahkan ISLAGE ke-4 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diapresiasi Plt Sekretaris Badan (Sesban) Litbang Diklat Prof. M. Arskal Salim GP. Apresiasi itu disampaikan Sesban saat sidak di venue pameran.

“Saya dari tadi melihat peserta bawa goodie bag berisi buku-buku. Mereka terlihat menikmati ajang ilmiah ini cukup memperkaya wawasan dan jaringan,” kata Sesban.

Sesban Arskal mengatakan, agenda ISLAGE dengan hadirnya pameran dari produk kelitbangan ini baik Puslitbang maupun Balai Litbang Agama dan LPMQ bisa menambah gizi keilmuan. Baik bagi mahasiswa maupun civitas akademika UIN Jogja.

“Artinya event-event semacam ini perlu terus didampingi pameran, terutama di kampus. Bagaimana pun kegiatan di kampus itu lebih seru dan semarak,” tandas Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Pantauan Balitbang Diklat, pameran yang terdiri dari 10 stan itu pun diserbu pengunjung. Para pengunjung yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai tersebut tampak antusias melihat buku-buku hasil penelitian, pengembangan, dan beberapa terjemahan Al-Qur’an ke Bahasa Daerah.

Koordinator pameran dari Perpus Kemenag, Hariyah, mengatakan bahwa kegiatan yang digelar di Auditorium Prof. Dr. Soenarjo kampus 1 Jl. Laksda Adisucipto, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY ini digelar empat hari ini.

Tim pertama terdiri dari Hariyah, Hastuti Sari Budiningsih, Sri Endang Yuli Astuti, Wahyuning Eka DH, dan Musthofa Asrori yang bertugas pada Selasa-Kamis, 1-3 Agustus 2023.

“Sementara tim kedua terdiri dari Ismail, Luki Budiawan, dan Nur Rochmah yang bertugas pada Rabu-Jumat, 2-4 Agustus 2023,” terangnya.

 

Keseruan game

Pameran tersebut memantik keseruan tersendiri karena dimeriahkan game online Kahoot yang dipandu oleh Hariyah. Permainan tersebut berisi sejumlah pertanyaan pilihan ganda yang harus dijawab dalam 10 detik. Cara menjawabnya melalui ponsel dengan terlebih dahulu masuk di aplikasi.

Hariyah sebelumnya menyampaikan narasi tentang pengetahuan umum mengenai lembaga yang menaungi perpustakaan Kemenag, yakni Balitbang Diklat. Kemudian memperkenalkan nama-nama unit Eselon 1 di lingkungan Kemenag.

“Pemenang dengan nilai tertinggi dan ketepatan dalam menjawab akan mendapat doorprize sejumlah merchandise seperti jaket, payung, kaos, dan mug,” ungkapnya.

Game yang dimainkan melalui gadget itu memantik kehebohan tersendiri. Keceriaan tampak di muka peserta yang merasa jawabannya benar. Sesekali mereka tertawa melihat temannya salah dalam menjawab.

(Ova/diad)

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI