Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668

Pengawas Paham Tugas, Kinerja Sekolah Meningkat

Rabu, 19 September 2012
Kategori : Berita
251 kali dibaca

Jakarta, (19/9) - Pengawas merupakan tenaga kependidikan yang peranannya sangat penting dalam membina kemampuan profesional  tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Untuk alasan itulah, Drs. H. Zulbatri, MM Widyaiswara Madya Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang  mengangkat tema tersebut dalam orasi ilmiahnya yang berjudul "Pengaruh Pengetahuan Materi Supervisi terhadap Pemahaman Pengawas tentang Tugas Kepengawasan (Studi Kasus pada Peserta Diklat Pengawas di Balai Diklat Keagamaan Padang Tahun 2011)".   Orasi ilmiah berlangsung di Aula BDK Padang pada hari Selasa, 18 September 2012.

Hasil penelitian Zulbatri menunjukkan pemberian materi supervisi pada Diklat Pengawas yang diselenggarakan oleh BDK Padang baik teknik edukatif maupun teknik administratif mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingginya tingkat pemahaman pengawas tentang tugas kepengawasan.

Materi supervisi teknik edukatif meliputi kurikulum, proses belajar mengajar, evaluasi dan lain-lain, sedangkan materi supervisi teknik administratif meliputi administrasi sekolah, kepegawaian, administrasi kurikulum, pengelolaan perpustakaan, laboratorium dan sebagainya.

Untuk itu beliau menyarankan agar para pengawas khususnya di wilayah kerja BDK Padang mengikuti diklat tersebut sedangkan bagi Kakanwil dan kankemenag kabupaten/kota menindaklanjuti laporan hasil supervisi yang dilaporkan oleh pengawas sehingga kinerja sekolah meningkat.

Bertindak sebagai ketua sidang yaitu Prof. Dr. Machasin, MA Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama dan dari pihak LAN dihadiri oleh Dr. P. Marpaung, M.Sc Kepala Pusat Kajian Administrasi Internasional  Lembaga Administrasi Negara.  Zulbatri tercatat sebagai WI ke-15 yang melakukan orasi ilmiah sepanjang sejarah Badan Litbang dan Diklat. (RPS)


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP