Pengunjung Perpustakaan Kemenag Membludak

14 Jul 2023
Pengunjung Perpustakaan Kemenag Membludak

Tangerang Selatan (Balitbang Diklat)---Pameran produk-produk akademik Perpustakaan Kemenag RI yang digelar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta diserbu pengunjung. Para pengunjung yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai tersebut tampak antusias melihat buku-buku hasil penelitian, pengembangan, dan Al-Qur’an terjemah ke Bahasa Daerah.

Pameran digelar di lantai 7 pada Kamis (13/7/2023) di Perpustakaan UIN yang berdiri megah di Jl Ir H Juanda No 95 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Pameran pada hari kedua, Jumat (14/7/2023) yang berpindah ke lantai 1 pun tak kalah seru.

Keseruan tersebut karena dimeriahkan game online, Kahoot, yang dipandu oleh Nur Rochmah, Pustakawan Kemenag. Permainan ini berisi sejumlah pertanyaan pilihan ganda yang harus dijawab dalam 10 detik. Cara menjawabnya melalui ponsel dengan terlebih dahulu masuk di aplikasi.

Nur Rochmah sebelumnya menyampaikan narasi tentang pengetahuan umum mengenai lembaga yang menaungi perpustakaan Kemenag, yakni Balitbang Diklat. Kemudian memperkenalkan nama-nama unit Eselon 1 di lingkungan Kemenag.

“Pemenang dengan nilai tertinggi dan ketepatan dalam menjawab akan mendapat doorprise sejumlah merchandise seperti jaket, payung, kaos, dan mug,” kata Nur, sapaan akrabnya.

Game online, Kahoot, tersebut berhasil menyita perhatian puluhan mahasiswa. Pasalnya, pemenang akan mendapat doorprise sejumlah merchandise seperti jaket, payung, kaos, dan lain sebagainya.

Game yang dimainkan melalui itu memantik kehebohan tersendiri. Keceriaan tampak di muka peserta yang merasa jawabannya benar. Sesekali mereka tertawa melihat temannya salah dalam menjawab.

“Juara pertama game kali ini adalah Devi Anita dengan nilai 5554. Kedua, Hakim dengan nilai 5524. Ketiga, Elis dengan nilai 4450,” kata Nur disambut aplaus hadirin.

Pada sesi kedua dan ketiga game online yang digelar pada Jumat, sejumlah mahasiswa larut dalam keseruan seperti di hari pertama. Mereka berdiri berdesakan melihat layar lebar yang menampilkan sederet pertanyaan. Ketika pertanyaan siapa Menteri Agama RI sekarang, beberapa terkecoh dengan jawaban antara Yahya Cholil Staquf dan Yaqut Cholil Qoumas.

"Waduh, bener-bener menjebak nih pertanyaan dan jawabannya," kata Vinanda Febriani, mahasiswi Fakultas Ushuluddin, seraya tersenyum simpul.

Mahasiswi S2 bernama Fitri Yani asal Sumatra Barat tampil sebagai juara 1 dengan nilai 6626. Juara 2 Nurbaiti dengan nilai 5885. Juara 3 Wilda dengan nilai 5864. “Fitri senang sekali mendapat hadiah jaket karena meraih juara 1. Semoga kegiatan ini sering-sering dilaksanakan. Sangat bermanfaat buat mahasiswa,” ujarnya.

Nabil asal Padang Pariaman yang meraih juara 3 pada sesi kedua game online pun sangat bahagia. Ia mendapat hadiah payung cantik bertuliskan Perpustakaan Kemenag RI. “Kesan saya terhadap acara ini keren, nagih, dan perlu diadakan lagi sebelum kami lulus,” ujar mahasiswi S2 ini seraya tertawa riang.

Pameran tersebut diagendakan dua hari, Kamis-Jumat (13-4/7/2023) di lantai 7 yang berada di depan ruang pertemuan pada hari pertama. Untuk hari kedua digelar di lantai 1 atau lobby perpustakaan utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Ova/bas/sri)

   

 

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI