Perlunya Pendampingan Buku-Buku Pendidikan Agama di Madrasah

27 Nov 2023
Perlunya Pendampingan Buku-Buku Pendidikan Agama di Madrasah
Sosialisasi Penilaian Buku Pendidikan Agama di Provinsi Gorontalo (19-22/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) melaksanakan Sosialisasi Penilaian Buku Pendidikan Agama di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di Provinsi Gorontalo. 

Ada tiga instansi lokasi sosialisasi yaitu; Kankemenag Kabupaten Boalemo, MAN 1 Kabupaten Boalemo, dan MTSN 3 Kabupaten Gorontalo. 

Jerry Hendrajaya, analis kebijakan Puslitbang LKKMO, mengawali kegiatannya (20/11/2023) mengunjungi Kankemenag Kabupaten Boalemo dan MAN 1 Kabupaten Boalemo. Keesokan harinya, Jerry melaksanakan sosialisasi di MTSN 3 Kabupaten Gorontalo.

 Dalam sosialisasinya, Jerry secara rinci menjelaskan pelaksanaan penilaian buku pendidikan agama di Kementerian Agama, mulai dari sejarah, maksud, dan tujuan dari program penilaian buku tersebut. Selain itu, Jerry juga menguraikan dasar hukum dan undang-undang, seperti UU No.3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, PMA No.9 Tahun 2018 tentang Buku Pendidikan Agama, dan SE No.6 Tahun 2022 tentang Penggunaan Buku Pendidikan Agama pada Satuan Pendidikan Keagamaan di lingkungan Kementerian Agama. 

Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Boalemo, Hasni Dj. B Ishak, menyambut baik dan bersyukur dengan adanya sosialisasi di Kabupaten Boalemo ini. Sementara itu, Kepala MAN 1 Kabupaten Boalemo, Sitti Chadijjah Ishak, meminta pendampingan mengenai buku-buku pendidikan agama, baik yang sudah melalui proses penilaian ataupun yang belum.

Kegiatan di MAN 1 tersebut lebih menekankan pada sharing dan problem solving bersama Kepala Madrasah, Kepala TU, dan Kepala Perpustakaan. Pada saat yang sama, Jerry juga menunjukkan aplikasi Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) kepada pihak madrasah dan buku-buku yang sudah melalui proses penilaian ataupun yang belum.

Di MTSN 3 Kabupaten Gorontalo, kehadiran Jerry disambut Kepala Madrasah Marci A. Karim, Wakil Kepala Bidang Kurikulum Ibu Winarti Ingo, dan jajarannya. Di MTSN 3 ini, Jerry menjelaskan aplikasi Sikurma dan Cendikia milik Dirjen Pendidikan Islam. Ketika beberapa guru meminta bantuan buku pendidikan agama dalam bentuk fisik, Jerry menyarankan untuk men-download buku pendidikan agama dalam bentuk digital di aplikasi Sikurma dan Cendikia tersebut. (Jerry/bas/sri)

 

 

Penulis: Jerry
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI