Perpustakaan Kemenag Pamerkan Produk Akademik di Perpus UIN Jakarta

14 Jul 2023
Perpustakaan Kemenag Pamerkan Produk Akademik di Perpus UIN Jakarta
Tim perpus Kemenag berpose bersama tim perpus UIN Jakarta.

Jakarta (Balitbang Diklat)---Perpustakaan Balitbang Diklat Kemenag RI kembali melakukan pameran produk-produk akademik. Meliputi buku-buku hasil penelitian, pengembangan, dan Al-Qur’an terjemah ke Bahasa Daerah. Pameran digelar di Lantai 7 Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jl Ir H Juanda No 95 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

Kunjungan yang dilakukan di gedung baru perpustakaan UIN yang berdiri megah di bilangan Ciputat ini diterima sejumlah pegawai terdiri dari Kepala Perpustakaan Agus Rifai, mantan Kepala Perpustakaan Amrullah Hasbana, pustakawan, dan sejumlah pengelola perpus di kampus tersebut, Kamis (13/7/2023).

Ketua tim perpustakaan Kemenag, Hariyah, mengatakan bahwa UIN Jakarta menjadi salah satu kampus PTKIN yang menjadi sasaran pameran. Ada beberapa kampus lain yang akan dikunjungi untuk pameran produk-produk akademik.

“Tidak kurang dari 200 eksemplar buku, majalah, dan jurnal yang dipamerkan di Perpus UIN Jakarta ini. Selain itu, kami juga membuat game berhadiah merchandise seperti kaos, paying, dan jaket,” kata Hariyah.

Amrullah Hasbana sebagai mantan Kepala Perpus menyambut baik kerja sama tersebut. Kerja sama pameran buku, bagi dia, sangat bermanfaat tidak hanya bagi para mahasiswa. Namun, juga pegawai dan civitas akademika kampus secara umum.

“Bagi kami, kerja sama bisa mempertemukan tidak hanya dua lembaga. Namun, juga kembali merekatkan silaturahmi antarkolega, teman, dosen, dan mahasiswa,” kata Amru, sapaan akrabnya.

Kepala Perpus Agus Rifai menambahkan bahwa kerja sama semacam ini perlu terus dipupuk agar ke depan bisa berkolaborasi lebih. Tidak hanya sekadar pameran, namun lebih dari itu bekerja sama program yang lebih besar.

“Di ruang pertemuan itu ada kegiatan juga di mana para peserta nanti bisa melihat-lihat buku pameran saat istirahat. Jadi, mereka bisa mendapat insight baru di sela mengikuti kegiatan kampus,” ujarnya.

Salah seorang pegawai perpustakaan UIN Jakarta, Risma, mengaku senang bisa bekerja sama dengan Perpus Kemenag. Dengan bekerja sama, program-program bisa dilaksanakan dengan baik.

Senada, pustakawan muda Lismawarni Dewi juga berbahagia bisa bersilaturahmi dengan tim perpustakaan Kemenag. Dengan bersilaturahmi melalui kerja sama kegiatan menjadikan kedua belah pihak mendapat keuntungan.

“Saya sangat senang adanya kerja sama ini. Semoga di lain kesempatan bisa bekerja sama lagi,” harap Dewi, sapaan akrabnya.

Pameran yang diagendakan dua hari, Kamis-Jumat (13-4/7/2023) ini dimeriahkan game online, Kahoot. Pemenang dengan nilai tertinggi dan ketepatan dalam menjawab akan mendapat doorprise sejumlah merchandise seperti jaket, payung, kaos, dan lain sebagainya. (Ova/bas/sri)

 

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Editor: Abas/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI