Pusdiklat Tenaga Administrasi Selenggarakan PKA Angkatan VIII

15 Mar 2022
Pusdiklat Tenaga Administrasi Selenggarakan PKA Angkatan VIII

Jakarta (Balitbang Diklat))---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama kembali menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VIII di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode blended learning melalui https://pjjpusdiklatadministrasi.id. Pusdiklat Tenaga Administrasi bertindak sebagai Penjamin Mutu.

Kegiatan dibuka Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Abu Rokhmad secara virtual, Senin (14/03/2022). Dalam sambutannya, Abu Rokhmad mengatakan transformasi pelayanan publik urusan agama sangat kompleks dan sensitif.

“Seluruh aparatur harus memahami tugas dan fungsi dalam melayani umat, sering mendengarkan harapan dan ekspektasi masyarakat kepada Kementerian Agama, perlu layanan cepat dan sederhana prosesnya,” ujarnya.

Menurut Abu Rokhmad, birokrasi hanya dapat dikatakan sebagai birokrasi kalau mampu melakukan layanan yang terbaik kepada masyarakat. “Bapak/Ibu peserta bagian dari birokrasi, Transformasi Layanan Umat (TLU) berarti kita semua berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan tugas dan fungsi kita yang utamanya pelayanan kepada masyarakat dan pelayanan prima,” ungkapnya.

Ke depan, Abu Rokhmad berharap evaluasi aksi perubahan tidak harus yang besar-besar. Misalnya, standar pelayanan yang sederhana dan cepat, dengan meninggalkan paradigma lama yaitu "kalau bisa dipersulit kenapa dipermudah" dan mengharuskan kenapa “kalau bisa dipercepat harus dipersulit.”

Pada kesempatan ini, Abu Rokhmad juga mengingatkan Menteri Agama berpesan TLU harus menjadi paradigma baru insan Kementerian Agama, baik di pusat maupun daerah dengan melakukan perubahan nyata untuk melayani umat.

“Bangga menjadi bagian institusi Kemenag yaitu bekerja dengan sebaik-baiknya, meskipun masih merasakan keluhan internal, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai meskipun diikat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Abu Rokhmad.

“Selamat mengikuti pelatihan yang akan berlangsung cukup lama, jaga kesehatan, atur waktu dan  sungguh-sungguh. Jangan meremehkan widyaiswara atau materi yang disampaikan, karena semuanya menjadi bahan untuk meningkatkan kualitas kinerja di instansi masing-masing,” ungkap Abu Rokhmad mengakhiri sambutannya.

PKA Angkatan VIII ini berlangsung dari 14 Maret sampai 23 Juni 2022. Diikuti 40 orang peserta berasal dari Sulawesi Selatan, Ditjend PHU (UPT Asrama Haji Makassar), Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah.

Hadir pada pembukaan ini Kepala Bidang Penyelenggara Achmad Nidjam dan Kepala BDK Banjarmasin Muhran. (RS/AN/bas/diad)

 

Penulis: Rahmi Siregar/Achmad Nidjam
Editor: Abas/Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI