Pusdiklat Tenaga Teknis Masuk 5 Besar Lembaga Pelatihan Berprestasi 2024

17 Jul 2024
Pusdiklat Tenaga Teknis Masuk 5 Besar Lembaga Pelatihan Berprestasi 2024
Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan masuk dalam nominasi Lembaga Pelatihan Berprestasi Tahun 2024.

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan masuk dalam nominasi Lembaga Pelatihan Berprestasi Tahun 2024. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan mengusung tema ‘Collaborative for Impactful Learning’.

 

Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Mastuki mengatakan lomba tersebut bertujuan memberikan apresiasi terhadap lembaga pelatihan yang memberikan implikasi besar dalam memfasilitasi proses pembelajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di instansinya. Dari 111 lembaga yang mendaftar, Pusdiklat Teknis masuk ke dalam 10 nominasi Lembaga Pelatihan Berprestasi 2024 kategori pemerintah pusat.

 

“Peran lembaga pelatihan sebagai penyelenggara pengembangan kompetensi bagi ASN menjadi krusial. Terutama dalam melaksanakan pengembangan kompetensi melalui pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan dan terintegrasi,” ujar Mastuki di Jakarta, Kamis (17/7/2024).

 

Menurut Mastuki, terdapat beberapa kriteria lomba. Pertama, nilai inovasi yang dihadirkan lembaga pelatihan. Kedua, nilai akreditasi lembaga.

 

“Penilaian akan dilihat dari dua poin tersebut, yaitu hal-hal yang mendorong peningkatan kinerja organisasi,” katanya.

 

 

Mastuki mengaku, Pusdiklat Teknis mengikuti lomba karena optimis kriteria-kriteria yang disampaikan oleh LAN dapat dipenuhi. Seperti kriteria pemanfaatan teknologi untuk pengembangan kompetensi ASN. 

 

Selain itu, Pusdiklat Teknis juga yakin telah memenuhi kriteria pada poin kolaborasi dan inovasi. “Kami telah melakukan banyak kerja sama dengan stakeholders ekternal, yaitu kolaborasi dengan pemerintah Australia maupun pemerintah Indonesia seperti Baznas, BWI, dan ormas keagamaan lainnya,” tuturnya.

 

Lebih lanjut, Mastuki menjelaskan Pusdiklat Teknis telah merancang pengembangan kompetensi yang diintegrasikan dengan pelatihan. “Saat ini, kami memiliki 41 jenis pelatihan yang terdiri dari 30 jenis pelatihan pendidikan dan 11 pelatihan keagamaan,” paparnya.

 

Terakhir, Mastuki berharap Pusdiklat Tenaga Teknis berhasil menjuarai lomba tersebut. Ini menjadi bagian dari performance kinerja Kementerian Agama, juga semakin mengukuhkan prestasi yang telah diraih selama ini.

 

“Melalui lomba tersebut, Pusdiklat Teknis berkontribusi untuk mendukung kinerja Kementerian Agama serta mendapat rekognisi dari lembaga lain,” pungkasnya.

 

(diad/Sr)

Penulis: Dewi Indah Ayu D
Sumber: Pusdiklat Teknis
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI