Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Puslitbang Lektur Terima 142 Proposal Penelitian

Puslitbang Lektur Terima 142 Proposal Penelitian

Jumat, 8 Januari 2021
Kategori : Pengumuman
1715 kali dibaca

Jakarta (8 Januari 2021). Setelah pengumuman disampaikan kepada publik terkait pelaksanaan Penelitian Berbasis Keluaran, Puslitbang Lektur Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi (LK2MO) menerima sekitar 142 proposal penelitian. Jumlah tersebut terhitung sejak tanggal pengumuman penelitian hingga tanggal 30 Desember 2020.

142 proposal yang masuk berasal dari berbagai instansi dan unit kerja, PTKN, perguruan tinggi umum negeri maupun swasta. Bahkan ada juga proposal yang dikirimkan dari ormas dan yayasan. Abjan Halek selaku kordinator pelaksanaan kegiatan SBKU kompetitif PLKKMO, mengaku cukup senang dengan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap penelitian SBKU tersebut.

Menurutnya jumlah proposal yang masuk sudah cukup banyak mengingat judul penelitian yang akan dipilih dan ditetapkan hanya sekitar 5 judul pada tahun 2021 ini. Lebih lanjut Abjan mengatakan bahwa peneliti harus memenuhi ketentuan dalam pedoman penulisan penelitian secara cermat, karena proses seleksi yang dilakukan cukup ketat.

Penulisan penelitian harus berdasarkan pada Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nomor 42 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penelitian Berbasis Keluaran. Diharapkan kedepan calon peneliti yang ditetapkan lolos ke tahap berikutnya agar selalu memerhatikan regulasi yang dimaksud.

Untuk tahapan selanjutnya proposal yang masuk dengan total 142 tersebut akan diperiksa kembali kelengkapannya oleh tim reviewer yang ditunjuk sesuai Keputusan Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Nomor 42 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penelitian Berbasis Keluaran.

Kemudian pada tahap berikutnya, proposal yang paling dianggap memenuhi kriteria tertinggi tersebut akan diberikan putusan layak oleh para reviewer. Lima proposal terbaik dinyatakan sebagai pemenang Penelitian SBKU Kompetitif. Setelah itu, SK penetapan proposal pemenang diumumkan dan selanjutnya akan dilakukan penandatanganan kontrak penelitian.

Secara terperinci, jumlah proposal yang masuk dari berbagai instansi dan unit kerja, PTKN, perguruan tinggi umum negeri maupun swasta ataupun lembaga lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Universitas Islam Negeri                       : 40 Proposal
  2. Universitas Islam Swasta                      : 8 Proposal
  3. Institut Agama Islam Negeri                  : 24 Proposal
  4. Institut Agama Islam Swasta                 : 6 Proposal
  5. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri        : 2 Proposal
  6. Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta       : 5 Proposal
  7. Yayasan                                                : 6 Proposal
  8. Ormas Keagamaan                                : 3 Proposal
  9. Perguruan Tinggi Umum                        : 38 Proposal
  10. Badan Litbang dan Diklat                       : 10 Proposal

 

Merespon jumlah proposal penelitian SBKU kompetitif tahun 2021 ini, Kepala Puslitbang LKKMO Arskal Salim menyatakan kegembiraannya atas antusiasme dan minat riset yang cukup tinggi di tengah masyarakat. Arskal berharap penelitian SBKU kompetitif tahun 2021 ini dapat mewujudkan sekaligus menumbuhkan kegairahan meneliti di masa pandemi yang masih berlangsung.[]

Cepi/diad


Sumber :

Penulis : Cepi

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP