Sambut Transformasi Lembaga, Kaban Imbau Perbaiki Data Internal

7 Mar 2023
Sambut Transformasi Lembaga, Kaban Imbau Perbaiki Data Internal
Kepala Balitbang Diklat Prof. Suyitno saat menyampaikan arahan pada Rapat Pimpinan Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Selasa (7/3/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat) — Badan Litbang dan Diklat Kemenag menuju transformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM). Guna mempersiapkan transisi tersebut, Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Prof. Suyitno mengajak tim internal untuk bersiap menyambut perubahan tersebut.

“Saya minta untuk memperbaiki sistem data internal terlebih dahulu sebelum membangun data ekternal. Balitbang Diklat harus mempunyai profile data yang benar-benar komprehensif sebelum memulai transformasi menjadi BMBPSDM,” ungkap Kaban Suyitno memulai arahannya pada Rapat Pimpinan di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Lebih lanjut, Kaban mengatakan banyak hal yang telah dilaksanakan namun tidak terdata dengan baik. Transisi dan transformasi lembaga harus didukung dengan data yang tersistem.

”Data Moderasi Beragama perlu diprofiling dari dua rumah besar yakni Kanwil dan PTKN. Kemudian data tersebut dikategorikan berdasarkan kelompok ASN dan Non ASN, jenis jabatan fungsional dan struktural, lalu diturunkan kembali berdasarkan jenis diklat,” imbau Guru Besar UIN Raden Fatah ini.

Kaban berharap data SDM Kemenag yang di-breakdown menjadi lebih spesifik sehingga profiling menjadi sangat jelas. Setelah itu, perlu juga melakukan profiling data masyarakat seperti pengurus ormas, KUB, dan lainnya.

“Tahun 2023 pelatihan Moderasi Beragama harus menyasar K/L lain, maka data internal perlu clear sebelum menyasar target eksternal,” ungkapnya.

Menurut Kaban, data adalah hal yang mudah diucapkan sulit dikendalikan. Selagi awal tahun, setiap kegiatan pelatihan harus didata dengan baik sesuai dengan kategori yang telah ditentukan.

“Mumpung masih awal tahun, sejak Januari semua kegiatan harus terdata berdasarkan kategori yang tadi dibuat seperti jenis diklat dan peserta diklat harus clear dan update. Selain itu, narasi-narasi pemberitaan perlu dikompilasi untuk melengkapi laporan kinerja yang akan disusun akhir tahun 2023,” kata Kaban.

Kaban menargetkan dengan adanya database tersebut, pada November 2023 laporan kinerja Balitbang Diklat mulai disusun. Ia pun merencanakan Outlook 2024 mulai disusun pada awal Desember 2023.

Dengan agenda tersebut, Kaban mengimbau agar data mulai dikompilasi dan disusun mulai sekarang. “Mulai saat ini, kita perlu working base on data,” imbau Kaban.

Terakhir, Kaban Suyitno meminta untuk selalu meng-update informasi-informasi yang ada di media sosial Balitbang Diklat. “Dengan adanya transisi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM, Balitbang Diklat membutuhkan media sosial untuk memublikasi dan me-rebranding dirinya,” tandasnya.

Bunga Monika/diad

Penulis: Bunga Monika
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI